Ubah Logo Baru, BTN Makin Percaya Diri

Abimanyu - Selasa, 05 Maret 2024 19:03 WIB
Teks foto : Peluncuran logo baru dalam gelaran BTN Anniversary Festival 2024, yang diadakan pada Minggu, 3 Maret 2024 di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. (Dokumentasi BTN)

Kitakini.news -Memasukiusianya yang ke-74, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melakukan"rebranding" salah satunya dengan meluncurkan logo baru. Logo baru yang dirilismerupakan simbol keberhasilan dan komitmen perseroan dalam melanjutkantransformasi menjadi Bank yang lebih modern, dan adaptif dalam menghadapidigitalisasi.

Langkahrebranding ini sejalan dengan transformasi perusahaan untuk menjadi The BestMortgage Bank in South East Asia pada 2025. BTN meluncurkan logo barunya dalamgelaran BTN Anniversary Festival 2024, yang diadakan pada Minggu, 3 Maret 2024di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Dalamsambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, ulang tahun ke-74 danpeluncuran logo baru menjadi momentum bagi BTN untuk melakukan percepatantransformasi. Erick menyampaikan, BTN harus mampu menjadi tumpuan dalam solusipembiayaan perumahan bagi masyarakat.

Iamenyebutkan, saat ini 52 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan, dandiperkirakan angka ini meningkat menjadi 70 persen pada 2035. Erick mengatakan,pembiayaan untuk 600.000 rumah tidak cukup memenuhi kebutuhan masyarakat,karena secara keseluruhan, (kekurangan) perumahan di Indonesia masih bertenggerdi angka 12,7 juta.

"BTNtentu sudah luar biasa, dari 600 ribu rumah, sekarang sudah 300 ribu rumah yangBTN biayai. Tapi angka 1 juta sampai 1,5 juta rumah harus menjadi terobosan,"ujarnya.

MenurutErick, BTN memiliki kapabilitas untuk mencapai goal tersebut, karena kinerjanyayang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, baik dari sisi aset maupunpenurunan kredit bermasalah. Hal ini menandakan bahwa BTN merupakan bank dengankesehatan yang baik.

"PerjalananBTN luar biasa setelah mencapai usia ke-74. Pada 2019, ketika saya menjadiMenteri BUMN, BTN hanya membukukan laba Rp200 miliar. Namun, sekarang sudahmencapai Rp3,5 triliun. Hal ini berarti bank ini lebih sehat dan akanmemberikan layanan yang juga sehat," ujar Erick.

Erickberharap BTN dapat menjadi sebuah solusi untuk perumahan masa depan anak muda,sehingga BTN harus bekerja lebih keras dan menyusun strategi besar. "Nafas logobaru ini harus benar-benar dimaknai oleh seluruh BTNers dalam rangkamenciptakan solusi bagi backlog perumahan kita," kata Erick.

Turuthadir dalam seremoni, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat BasukiHadimuljono mengatakan, logo merupakan bentuk tanggung jawab dan kredibilitasbagi sebuah organisasi, sehingga BTN harus menjaga makna yang dibawa oleh logobarunya.

"Garismerah yang dahulu di bawah kata BTN, sekarang berada di atas, artinya menjadilebih sigap dan efisien. Sedangkan penggunaan huruf kecil berarti memasyarakat,sehingga BTN harus menjadi bank untuk rumah masyarakat," ujar Basuki.

DirekturUtama BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan, perubahan logo ini merupakanrefleksi dari transformasi yang telah dilakukan Bank BTN, di antaranya di ranahdigital untuk mendukung proses bisnis dan layanannya, serta operasionalkantor-kantor cabang yang lebih modern. Dengan brand image yang lebih moderndan kekinian, BTN siap untuk bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadibank pilihan utama bagi nasabah.

"BTNmemperkenalkan logo terbaru yang lebih fresh, kekinian, dan mengikutiperkembangan jaman. Wajah baru ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan corebusiness Bank BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secaraberkelanjutan. Dengan logo baru di usianya yang ke-74, BTN unjuk gigi sebagaione stop financial solution bagi masyarakat untuk bertransaksi tidak hanyadalam hal pembiayaan perumahan tapi juga beyond mortgage," kata Nixon.

Logobaru BTN memiliki font atau bentuk tulisan yang menyimbolkan optimisme, denganrancangan konstruksi yang berani dan dinamis untuk menggambarkan Bank BTN yangmodern dan relevan dengan perkembangan zaman. Nixon menjelaskan, perseroanmenggunakan huruf kecil pada logo Bank BTN melambangkan bank yang mudahdidekati dan memahami kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif dalam perjalanannasabah, dan membantu mencapai tujuan hidup. Perseroan berharap dapat menjadirumah, tempat dimulainya perjalanan hidup.

Garismerah di atas tulisan "btn" menyimbolkan visi Bank yang progresif dan terusmelangkah maju. Bank BTN ingin memantapkan posisinya sebagai lembaga keuanganvisioner yang konsisten berkembang secara progresif. "Dengan terus menciptakaninovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan dirinyasebagai bank beyond mortgage atau bank yang melayani lebih dari KPR," kataNixon.

Sedangkanwarna logo, yaitu Dynamic Blue dan Stablitas Merah mewakili bank yang inovatifdan dinamis dalam upayanya mengembangkan dan menciptakan produk keuangan, yangbertujuan untuk membangun ekosistem keuangan yang inovatif, modern, dan andal.

Secarafilosofis, warna Dynamic Blue merupakan warna yang lebih hidup dan segardibandingkan warna biru lainnya. Warna ini menggambarkan sifat percaya diridalam menarik masyarakat yang lebih luas di luar batas negara. Sedangkan warnaStabilitas Merah melambangkan stabilitas, mencerminkan kekuatan dan ketahananinstitusi yang dibangun melalui pengalam berharga selama bertahun-tahun.

Nixonmenegaskan, perubahan logo BTN ini efektif dilakukan pada 3 Maret 2024, denganbeberapa catatan: Pertama, tidak ada perubahan pada nama perseroan (PT BankTabungan Negara (Persero) Tbk); Kedua, perubahan merek dan logo tidakmemengaruhi kerja sama yang sedang berlangsung dan perjanjian yang telahdisepakati, baik antara perseroan dengan nasabah maupun antara perseroan denganpihak ketiga lainnya; Ketiga, informasi lebih lengkap akan disampaikan melaluiwebsite BTN atau nasabah dapat menghubungi BTN Call.

Selainpeluncuran logo baru, perseroan menggelar sejumlah rangkaian acara perayaan HUTke-74 Bank BTN, termasuk BTN Run (5K, 10K, dan Aquathlon) dan Fun Run 3K,Basket 3 on 3, BTN Culinary, dan BTN Soundphoria. Berikut adalah detil dariberbagai acara tersebut:

Dalamrangka menarik lebih banyak masyarakat umum terhadap produk dan layanan BTN,perseroan turut meluncurkan sejumlah penawaran terbaru, yaitu BTN Kita, BTNATYA. "Bank BTN berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabahdengan menjadi bank pilihan untuk menabung, bertransaksi, dan memenuhikebutuhan perumahan masyarakat," pungkas Nixon.

Editor
: M Iqbal

Tag:

Berita Terkait

Advertorial

Hari Pelanggan Nasional, BTN Tingkatkan Pelayanan Sebagai Transaksional Bank

Advertorial

Pasar Sambut Positif Rencana Muhammadiyah Masuk BTN Syariah

Advertorial

Genjot Saluran Kredit, BTN Gelar Akad Kredit Massal

Advertorial

BTN Sabet Euromoney Awards For Excellence 2024

Advertorial

BTN Raih Penghargaan ABF Wholesale Banking Awards 2024

Advertorial

BTN Jakarta International Marathon 2024 Sukses Digelar