Pematangsiantar Tuan Rumah Sepakbola Antar Pemerintah Kota, Mari Tunjukkan Kesan Positif

M Iqbal - Selasa, 10 Oktober 2023 21:43 WIB
Teks foto : Foto bersama usai rapat finalisasi persiapan pertandingan sepakbola persahabatan Apeksi Komwil I. (Dok Kominfo Pematangsiantar)
kitakini.news -Kota Pematangsiantar dipercayamenjadi tuan rumah dalam Pertandingan Persahabatan Sepak Bola AsosiasiPemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) I yangdilaksanakan pada tangggal 12-16 Oktober 2023. Adapun tajuk pertandingan iniyaitu Football Tournament Friendly Match Komwil I Apeksi.

Komwil I ini meliputi seluruhkota di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagat) yaitu dari Provinsi Aceh,Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. Ada 24 pemerintahkota yang tergabung dan diketuai oleh Bobby Nasution, Wali Kota Medan.

Dipercaya menjadi tuan rumahdi ajang besar ini, menjadi kehormatan bagi Kota Pematang Siantar. Berbagaipersiapan telah dilakukan mulai dari rapat persiapan, rapat finalisasi,koordinasi dengan unsur terkait hingga pengecekan lapangan yang akan digunakanoleh tim-tim yang bertanding.

Ada dua lapangan disiapkandalam perhelatan akbar ini, yakni Lapangan Rindam 1/Bukit Barisan di JalanArgasari Kota Pematang Siantar dan Lapangan eks Kodim 0207/Simalungun, di JalanAsahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Hal ini disampaikan KetuaPanitia Pelaksana dan juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat(Kesra) Pematangsiantar, Junaedi Antonius Sitanggang didampingi Plt KepalaDinas Pariwisata, Hamam Sholeh dan Kepala Dinas Komunikasi dan InformatikaJohannes Sihombing.

Junaedi menyebutkan dari 24anggota Apeksi, yang sudah siap mengikuti pertandingan persahabatan yangterdata ada 9 pemerintah kota, yakni Kota Pematangsiantar, Medan, Binjai,Sibolga, Subusalam, Lhokseumawe, Tebingtinggi, Tanjungbalai, dan KotaPadangsidimpuan.

Teks foto : Flyerpertandingan sepakbola persahabatan Apeksi Komwil I. (Dok KominfoPematangsiantar)

Agenda pertandinganpersahabatan tersebut merupakan agenda kerja yang telah diputuskan pada RakerKorwil I di Batam beberapa waktu lalu yang menetapkan Kota Pematang Sianțarsebagai tuan rumah pelaksanaan agenda kerja Komwil I Apeksi. Kegiatan ini, akanmeningkatkan PAD Kota Pematang Siantar termasuk dari segi tingkat hunian hotel.

"Yang terutama itu,sejumlah hotel yang sudah ditetapkan untuk menerima tamu, jumlah kunjungannyameningkat. Selama 5 hari kegiatan, kita optimis akan berdampak baik terhadaptingginya perputaran uang di kota Pematang Siantar. Kita berharap dukunganpenuh dari teman teman media melalui pemberitaan atau publikasinya, sehinggadiketahui oleh khalayak luas dan daerah lain mengetahui bahwa Kota Pematangsiantarmenjadi tuan rumah yang baik," kata Junaedi.

Johannes Sihombingmenambahkan, menjadi tuan rumah dalam Pertandingan Persahatan SepakbolaApeksi Komwil I merupakan hal yang pertama di Kota Pematangsiantar. Ia jugameminta dukungan penuh dari media untuk mempublikasikan kegiatan tersebut.

"Segala saran dan masukandari rekan media, juga kita butuhkan demi suksesnya event ini," tandasnya.

Untuk detail pertandingan danpenyambutan dari tamu yang akan hadir di Kota Pematangsiantar, dijelaskan olehHamam Sholeh. Katanya, detiap utusan peserta Pertandingan PersahabatanSepakbola Apeksi Komwil I Sumbagut, akan mengirimkan timnya yang beranggotakan25 pemain.

"Dari 25 pemain ini, adakategori-kategori mulai dari usia pemain. Untuk pemain yang bertanding, terdiridari unsur PNS, honorer, dan juga Forkopimda. Makanya kalau Kota Medan, PakBobby Nasution dan Kapolresta direncanakan akan ikut bertanding. Selain pemain,tamu-tamu undangan dari seluruh kota inilah yang akan nantinya menginap dihotel," ujar Sholeh.

Teks foto :Pengundian peserta pertandingan sepakbola persahabatan Apeksi Komwil I. (DokKominfo Pematangsiantar)

Nantinya, tamu yang hadir akanmendapatkan buku panduan yang berisi informasi tentang Kota Pematangsiantarseperti lokasi wisata, lokasi bersejarah, ikon- ikon terkenal, dan wisatakuliner. Selain bertanding, para tamu bisa mendatangi atau menikmatilokasi-lokasi istimewa di Kota Pematangsiantar.

Dan puncaknya, Gala Dinneruntuk menyambut para tamu undangan telah dikonsep dengan baik, menggunakan alatdan teknologi modern untuk memberikan kesan positif. Gala Dinner, akandilakukan pada tanggal 13 Oktober 2023, di Lapangan Merdeka.

"Kick off akan dilakukanpada tanggal 13 Oktober pukul 08.00 WIB di Lapangan Sepakbola Rindam danfinalnya 16 Oktober di tempat yang sama. Kick off ini, akan bertanding kitasebagai tuan rumah melawan Pemerintah Kota Subulussalam. Silahkan bagimasyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan sepakbola ini di dua lokasitersebut, gratis dan terbuka untuk umum," tutup Hamam Sholeh. (Adv)

Kontributor: Armeindo


Tag:

Berita Terkait

Advertorial

Usung Konsep Inovatif, Program CSR Pertamina Patra Niaga Padukan Peternakan dan Kebun

Advertorial

Dugaan Korupsi IMB Gedung Telkom, Kejari Pematangsiantar Geledah Kantor DLH

Advertorial

Polsek Siantar Martoba Ringkus Pelaku Pencurian di Warung

Advertorial

Diduga Gegara Rujuk, Pria di Pematangsiantar Tewas Dianiaya 2 Anaknya

Advertorial

38 Gram Sabu Diamankan dari Dua Orang Siantar

Advertorial

Susanti Lepas Pawai Murid TK se-Kota Pematangsiantar