Utamakan Keselamatan dan Efisiensi Operasional Pipa, Begini Pertamina Gas Beroperasi

Siti Amelia - Rabu, 16 Oktober 2024 07:39 WIB
humas PGN
Pegawai Pertagas saat melaksanakan tugas pemantauan jaringan gas bumi mengutamakan keselamatan kerja.

Kitakini.news - PT Pertamina Gas (Pertagas) berkomitmen untuk mengoperasikan jaringan pipa yang luas dengan standar keselamatan dan efisiensi tertinggi.

Perusahaan telah menerapkan berbagai tindakan komprehensif untuk meminimalkan risiko dan mengoptimalkan operasi.

Untuk memastikan pengangkutan minyak dan bahan bakar yang aman dan andal, Pertamina Gas telah berinvestasi dalam teknologi canggih.

Selain itu, perusahaan memiliki program keselamatan yang kuat yang mencakup inspeksi rutin, pelatihan karyawan, dan rencana tanggap darurat.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN Tbk, Harry Budhi Sidharta dalam keteranganya mengungkapkan komitmen ini didukung oleh kompetensi Pertagas dalam bidang operasional dan pemeliharaan pipa serta fasilitas pendukungnya.

"Kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang tersertifikasi menjadi salah satu pilar utama dalam menjaga standar operasional yang tinggi, mulai dari proses instalasi hingga pemeliharaan dilaksanakan dengan profesionalisme dan kepatuhan terhadap regulasi, jelas dia.

Dalam urusan keselamatan kerja, sambungnya, sampai akhir September 2024 Pertamina Gas mencatatkan jam kerja selamat mencapai 105.142.028 jam, menegaskan komitmennya dalam mengedepankan keselamatan sebagai prioritas utama.

"Pertagas berupaya menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, mengurangi risiko kecelakaan untuk menjaga keandalan operasional penyaluran energi," paparnya.

Selain itu, untuk menjaga keandalan operasi pipa minyak, Pertagas melakukan pengendalian pengendalian risiko melalui Security and Oil Losses Management With Integrated Detection System, serta pengendalian keakuratan alat ukur (meter) dalam mengatasi ketidaksesuaian (discrepancy) dengan prosedur yang ketat.

Dengan menerapkan prinsip Flow Assurance dan Pipeline Integrity, Pertagas memastikan bahwa setiap aliran energi berlangsung dengan lancar dan aman, serta memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

Bisnis

Pertamina Gas Perluas Jaringan Pipa, Perkuat Ketahanan Energi

Bisnis

Fitur Baru PGN Mobile, Keamanan Data Pelanggan Lebih Terjamin

Bisnis

PGN Perkuat Transformasi Digital dengan PGN Mobile Terbaru

Bisnis

Subroto Award Bukti Kontribusi Nyata PGN Bagi Masyarakat

Bisnis

PGN Raih Penghargaan Subroto Award 2024

Bisnis

Berikut 18 Penghargaan Keselamatan Migas Milik PGN