Tambah Bintang dari Irjen Jadi Komjen, Agung Setya: Terima Kasih Warga Sumut

Efendi Jambak - Minggu, 30 Juni 2024 16:03 WIB
(Dok. Mabes Polri)
Kenaikan pangkat perwira tinggi di Mabes Polri.

Kitakini.news -Kapolri Jenderal Pol Listyo SigitPrabowo memimpin upacara kenaikan pangkat perwira tinggi (Pati) Polri. Satu diantaranyakenaikan pangkat Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Agung Setya Imam Effendi, dariInspektur Jenderal (Irjen) menjadi Komisaris Jenderal (Komjen), Sabtu(29/6/2024), di Rupatama Mabes Polri.

Selain kenaikan pangkat Irjen PolAgung Setya Imam Effendi jadi Komjen, hal serupa juga dialami Irjen Pol WhisnuHermawan Februanto, dari Brigjen menjadi Irjen. Whisnu merupakan penggantiAgung Setya sebagai Kapolda Sumut yang baru.

"Terima kasih kepada seluruhmasyarakat Sumatera Utara atas kepercayaan dan dukungan kepada Saya dalammenjalankan tugas sehingga sukses dapat berkarier di Kepolisian," ungkapKomjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Agung Setya menjabat Kapolda Sumutsekitar setahun usai dilantik pada Jumat (14/7/2023), menggantikan Irjen Pol RZPanca Putra Simanjuntak. Selama setahun menjabat Kapolda Sumut, berbagaikinerja sukses dan prestasi diukir mantan Asops Mabes Polri tersebut.

Mulai dari pemberantasan Begal diMedan, dan kota-kota lainnya di Sumatera Utara, premanisme, penangkapan DPOSyamsul Tarigan, pengungkapan dan penangkapan kasus narkoba, pencurian TBS diperkebunan PTPN, aksi kejahatan jalanan (Street Crime) serta menjagakondusifitas Sumut di masa Pemilu 2024 silam.

"Itu semua tak bisa sayalakukan sendirian, namun bersama-sama dengan kawan-kawan, rekan-rekan dan wargaPolda Sumut, termasuk masyarakat berperan aktif memberikan informasi dankerjasamanya. Doa saya untuk kita semua," ungkap Agung Setya usai kenaikanpangkat di Mabes Polri.

Agung Setya merupakan Alumni Akpol1988B. Karir kepolisiannya lebih banyak digelutinya di bidang Reserse dan Kriminal(Reskrim). Agung pernah menjabat Kapolres Bengkulu, Kasubdit, lalu Wadir hinggaDirektur di Direktorat Tindak Pidana Ekonomis Khusus (Dittipideksus) MabesPolri, Deputi Siber Badan Intelijen Negara (BIN).

Tak hanya di Mabes Polri, AgungSetya juga sukses sebagai Kapolda Riau selama 2019-2021 dengan meluncurkanaplikasi Dashboard Lancang Kuning untuk deteksi dini Kebakaran Hutan dan Lahan(Karhutla). Sistem ini kemudian diadopsi oleh Mabes Polri untuk mengatasiKarhutla di Indonesia.

Ayah tiga orang anak ini, pada 2019,menerima penghargaan secara khusus dari Pemerintah Amerika Serikat melaluiWakil Direktur Biro Investigasi Federal (FBI), David L. Bowdich. Penghargaanini diberikan atas jasanya dalam penyelidikan dan penyidikan kasus KapalEquanimity dan Wise Honest ketika Agung menjabat sebagai DirtipideksusBareskrim Polri.

Agung Setya ketika itu menyelidikikasus yang menyeret mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, dalam megakorupsi miliaran Dolar proyek dana investasi pemerintah Malaysia dikenalsebagai 1MDB.

Dengan rekam keberhasilan tersebut,Agung Setya mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas kenaikan pangkatditerimanya hari ini.

"Puji syukur kehadirat AllahSWT atas keberkahan saya terima upacara kenaikan pangkat satu tingkat lebitinggi hari ini," jelasnya.

Mantan Kapolda Riau ini mengatakan,banyak kesan dan pengalaman diperolehnya selama setahun menjabat Kapolda Sumut.Ia merasakan banyak doa dan dukungan diberikan masyarakat selamamenjabat.

"Saya merasakan doa dandukungan masyarakat Sumut, sehingga kami mendapatkan berkah kenaikan pangkatmenjadi Komisaris Jenderal Polisi. Horas majuajua, Jhua-jhua, Ahoi,Yahou," pungkas Agung. (**)

Editor
: Heru

Tag:

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Agus Fatoni Terima Pin Emas, Pedang dan Piagam dari Kapolri

Hukum & Kriminal

PWI Sumut Yakin Polda Bisa Usut Tuntas Kebakaran yang Tewaskan Wartawan

Hukum & Kriminal

Sebelum Tewas, Wartawan Memposting Dugaan Perjudian di Tanah Karo

Hukum & Kriminal

Polda Sumut Selidiki Istri Polisi dan Oknum TNI Pelaku Dugaan Penipuan

Hukum & Kriminal

Agung ke Bareskrim, Kapolri Tunjuk Wishnu jadi Kapolda Sumut

Hukum & Kriminal

Sebanyak 15 Anggota Polrestabes Medan yang Jadi Buronan Sudah PTDH