Antisipasi Bencana Alam, Polres Padangsidimpuan Gelar Rakor Lintas Sektoral

Efendi Jambak - Selasa, 15 Oktober 2024 18:38 WIB
(Kitakini.news/Effendi Jambak)
Kegiatan rakor lintas sektoral di Mako polres Padangsidimpuan.

Kitakini.news -Polres Padangsidimpuan jajaran PoldaSumatera utara (Poldasu) menggelar Rapat Koordinasi lintas sektoral tahun2024 dalam rangka mengantisipasi terjadi bencana alam dan dampaknya di wilayahHukum polres Padangsidimpuan.

Rapat Koordinasi kegiatan Itudipimpin oleh Kapolres Padangsidimpuan AKBP Wira Prayatna didampingi Sekda KotaPadangsidimpuan Ary Junaidi DP Lubis dan Kabag Ops AKP PandapotanButar-Butar selaku moderator

Kegiatan itu berlangsung diruangZoom Polres Padangsidimpuan jalan Sisingamangaraja, kecamatan PadangsidimpuanSelatan, Kota Padangsidimpuan, Selasa (15/10/2024).

Hadir dalam Rapat Koordinasi ini, SekdaKota Padangsidimpuan Ary Junaidi DP Lubis, Kapolres Padangsidimpuan AKBP WiraPrayatna, Dandim 0212 TS Diwakili oleh Koramil Padangsidimpuan Kapten InfMisran Edi Natal, Kadis Perhubungan Alfian Pane, Kadis Kesehatan Balyam Siregar,Kadis BPBD Dedi Irwansyah, Kadis PUPR Amirhan Hasibuan.

Hadir juga Kasatpol PP Zulkifli Lubis,Kepal KPH-X Padangsidimpuan Kammalluzzaman Nasution, Kepala BKSDA PadangsidimpuanGunawan Azlan dan para Pejabat UtamaPolres Padangsidimpuan dan Camat se KotaPadangsidimpuan.

Kapolres padangsidimpuan AKBP DrWira Prayatna menyampaikan Rakor tersebut diselenggarakan Berdasarkan Undang-UndangNomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Undang-undang Nomor 24 tahun 2007tentang Penanggulangan Bencana Alam. Peraturan Kepala Kepolisian NegaraRepublik Indonesia Nomor 8 tahun 2021 tentang perubahan atas aturan KepalaKepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2019 tentang Sistem,Manejemen dan Standar Keberhasilan Operasional Polri.

Perkiraan Intelijen Kontijensitentang potensi kerawanan Kontijensi dalam menghadapi bencana alam tahun 2024di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP WiraPrayatna dalam arahannya saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa dalam rangkamengantisipasi terjadi bencana alam diperlukan kerjasama, komunikasi,kolaborasi semua stakeholder.

"Pemerintah Daerah, TNI dan Polri harusbersama-sama bersinergi, sehingga kegiatan masyarakat bisa kita minimalisirkorban jiwa," ujar Kapolres.

AKBP Wira Prayatna juga mengharapagar BPBD untukmelakukanMapping atau Antisipasi wilayah yangberpotensi terjadi bencana Banjir dan genangan airserta MendirikanPosko dan Sarpas Evakuasi (Perahu karet dan ambulance) dan penanggulangangenangan air (pompa air) untuk mempercepat penanggulangan Evakuasi warga,Distribusikan Logistik, Obat-obatan dan lain lain.

Kapolresjuga berharap seluruh Stakeholderuntuk mempersiapkan diri dan peralatan yang dimilki baik sarana maupunprasarana. Pemda maupun TNI dan Polri harus mempersiapakan

Unit bantuan SAR, apabila diperlukanbentuk Posko-posko pada titik-titik rawan terjadinya Banjir dan TanahLongsor untuk memudahkan Kodal.

Apabila dampak banjir meluas danmengakibatkan masyarakat harus mengunggsi maka dimohon kepada BPBD dan Instansiterkait untuk menyiapkan lokasi yang akan aman dan mendirikan dapur umum danmeminta

Kapolres juga meminta kepadainstansi terkait.Menyiagakan seluruh aparatur pemerintah daerah danmengkoordinasikan dengan TNI, Polri, Instansi Vertikal di daerah danMenyebarluaskan informasi potensi bencana kepada masyarakat setempat melaluiberbagai saluran informasi seluas-luasnysa dan Pembentukan satgasbencana Alam serta unsur masyarakat lainnya.

Pada kesempatan itu Kabagops polrespadangsidimpuan AKP Pandapotan Butar-Butar, memaparkanlokasi rawa banjiryang harus diantisipasi antara Lain Desa Goti, Desa Manegen, DesaManunggang Julu, Desa Tarutung Baru.

Sementara untuk AliranSungaiBatang Ayumi yang dilaluinyaadalah wilayah KecamatanPadangsidimpuan Selatan Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, KecamatanPadangsidimpuan Utara bersamaKecamatan padangsidimpuan Hutaimbaru.

Selanjutnya untuk daerah rawan TanahLongsor berada di Desa Simirik, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua danKelurahan Sitamiang Baru dan Kelurahan Sidakkal, Kecamatan PadangsidimpuanSelatan.

Kabagops mengimbau kepada masyarakatagar selalu waspada dan segera menginformasikan jika suatu saat terjadi bencanaalam.

"Terlebih masyarakat di sekitarsungai agar waspada banjir. Kemudian yang berdekatan dengan perbukitan agarwaspada tanah longsor," imbuh AKP P Butarbutar

Kabag Ops mengungkapkan bahwa PolresPadangsidimpuanmendukung penuh penanggulangan bencana alam di wilayahHukum Polres Padangsidimpuan.

"Polres Padangsidimpuanbesertajajaran mendukung penuh penanggulangan bencana karena itutugas kita bersama," ucap Kabag Ops.

Pukul 12:00 WIB kegiatan rapatkoordinasi dalam Rangka Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Hukum PolresPadangsidimpuan selesai dilaksanakan, situasi aman dan baik di lanjutkan Fhotobersama.(**)

Editor
: Heru

Tag:

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Prihatin Kepada Bocah Penderita Jantung Terbalik, Hapendi-Gempar Fasilitasi Keluarga Berobat

Hukum & Kriminal

Pak Uda Janji Perbaiki Infrastruktur Untuk Antisipasi Banjir di Binjai

Hukum & Kriminal

Ratusan Tim Pemenangan Kelurahan Losung Batu Siap Menangkan Hapendi-Gempar

Hukum & Kriminal

Polres Langkat Tembak Kaki Pelaku Curas Bersenpi

Hukum & Kriminal

Polres Langkat Tembak Kaki Pelaku Curas Bersenpi

Hukum & Kriminal

Plt. Walikota Binjai Serahkan Bantuan Korban Banjir di 2 Kelurahan