Pembiayaan Pinjaman Modal PNM Mekaar di Sumut Tembus Rp17,5 Triliun

Azzaren - Kamis, 08 Februari 2024 12:13 WIB
Teks foto : Presiden Jokowi mengungkapkan kebahagiaannya karena penyaluran pembiayaan PNM Mekaar di Sumut mencapai Rp17,5 triliun dengan jumlah nasabah mencapai 1,1 juta nasabah. (Ahmed)

Kitakini.news -Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menggelar silaturahmi dengan ribuanibu-ibu yang merupakan nasabah Mekaar binaan dari PT Permodalan Nasional Madani(PNM), di Lapangan Limapuluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu(7/1/2024).

Dalampertemuan itu Presiden Jokowi mengungkapkan kebahagiaannya karena penyaluranpembiayaan PNM Mekaar di Sumut mencapai Rp 17,5 triliun dengan jumlah nasabahmencapai 1,1 juta nasabah.

Jokowijuga mengingatkan agar para ibu nasabah PNM Mekaar yang pada umumnya adalahUMKM kecil, untuk menggunakan pinjaman dengan hati-hati. Presiden meminta agarpinjaman yang diterima nasabah digunakan seluruhnya untuk modal usaha.

"Kalaukita pinjam dapat Rp 6 juta, waktu bawa pulang seneng. Saya hanya titip, Rp 6juta itu gunakan semuanya untuk modal usaha. Setuju?" ujar Jokowi yang disambutdengan teriakan setuju dari ibu-ibu.

Jokowijuga mengingatkan para ibu tidak membeli barang-barang yang tidak berhubungandengan bidang usahanya dengan menggunakan uang pinjaman tersebut.

"Janganada tengak-tengok ke kanan-kiri. Bawa uang6 juta tengok tetangganya,TV-nya gede. Nah, saya juga mau. Separuhnya dipakai untuk beli TV, 3 jutadipakai untuk modal kerja. Jangan terjadi seperti itu. Karena enaknyabarang-barang konsumtif hanya 6 bulan. Begitu lewat enam bulan, sudah. Tidakbisa nyicil," lanjutnya.

Jokowimemberikan apresiasi kepada manajemen PMN yang berhasil dalam melakukanpengelolaan dalam penyaluran pembiayaan PNM Mekaar, sebagai modal usaha.

Halini terlihat dari persentase kredit macet yang hanya 0,5% saja. "Keciiilsekali. Artinya ibu-ibu semua ini disiplin dan tepat waktu dalam membayar.cicilan pinjaman modalnya, angka 0,5% itu kecil sekali," ujar Jokowi.

Sebelumnya,Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, dalam sambutannya mengatakan, nasabah produkPNM Mekaar di Sumatera Utara mencapai 1,1 juta nasabah merupakan yang terbesardi Sumatera. Sementara pembiayaan PNM Mekaar yang telah tersalur mencapai Rp17,5 triliun.

"Ibu-ibunasabah PNM Mekaar di Sumatera Utara mencapai 1,1 juta orang ini tergabungdalam 57.000 kelompok, didampingi oleh 4.236 pendamping kelompok," papar AriefMulyadi.

KehadiranJokowi dalam silaturahmi itu turut didampingi Menteri Perhubungan, Budi KaryaSumadi, Ketua Komisi I DPR-RI, Meutya Viada Hafid, Direktur Utama PMN, AriefMulyadi, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, Pj Bupati Batubara, Nizhamul.

KunjunganPresiden Jokowi ke Sumatera Utara, diawali dengan peresmian jalan tol KabupatenBatubara dan rangkaian kegiatan lainnya.

Editor
: M Iqbal

Tag:

Berita Terkait

News

Rp700 Triliun Biaya Program Makan Bergizi Gratis Masuk Dalam Anggaran pendidikan

News

Dua Bulan Jelang Berakhir Massa Kepemimpinan, Jokowi Lantik Menteri,Wamen dan Kepala Badan

News

Pj Walikota Padangsidimuan Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN

News

Tesla Batal Bangun Pabrik di Indonesia, Jokowi: Kita harus optimis

News

Ulang Tahun ke-63, Presiden Jokowi Dapat Ucapan dari Prabowo, Anies Baswedan dan Anwar Ibrahim

News

Presiden Sumbang Sapi Bobot 835 Kilogram kepada Warga Pekanbaru