Puluhan Guru Kembali Demo Kantor Bupati Langkat Tuntut Pembatalan PPPK

Junaidi - Selasa, 19 Maret 2024 09:05 WIB
Teks foto : Guru pengunjukrasa berdemo di depan kantor bupati Langkat. (Junaidi)

Kitakini.news -Puluhanguru honorer kembali berunjukrasa di Kantor Bupati Langkat, Senin (18/3/2024)siang sekitar pukul 14.00 WIB. Dengan tuntutan yang sama dari aksi sebelumnya,mereka mendesak agar Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy AP MAP mau menerimakehadiran mereka.

"Tuntutankami masih sama pak Pj Bupati Langkat. Cuma kami minta bapak untuk datang kesini menemui kami. Kehadiran kami hari ini, sesuai dengan arahan dari AsistenIII di hari Jum'at kemarin. Kami cuma ingin bersilaturrahim," ujar kordinatoraksi Novindra diiringi sorak sorai guru-guru honorer di sana.

Sekira45 menit berorasi di balik pagar Kantor Bupati yang dijaga ketat Satpol PP,sosok M Faisal pun tak kunjung muncul. Dengan penuh rasa kecewa, puluhan guruhonorer tersebut mengguncang pagar tersebut. Aksi dorong pun terjadi. Pj BupatiFaisal tetap tak muncul di tengah guru-guru tersebut.

"Jangankalian sembunyikan penjahat. Jangan kalian lindungi penjahat – penjahat yangtak bermoral di dalam sana. Sini keluar pak bupati. Kalau pak bupati gak maujumpai kami, akan kami tunggu hingga malam," teriak salah seorang guru wanitayang ikut dalam aksi damai itu.

Setelahsatu jam berorasi, Staf Ahli Bupati Langkat Sujarno dan Kasatpol PP LangkatDameka Putra Singarimbun menemui guru – guru teresbut. Namun, hadirnya merekaberdua juga tak memberikan jawaban yang memuaskan.

"Pakbupati sedang tidak berada di tempat. Gak mudah untuk bertemu dengan pakbupati. Harus buat janji dan menyesuaikan dengan jadwal beliau. Pak bupati gakdi sini aja tugasnya, kadang beliau juga ke Kantor Gubernur," kata Dameka.

UcapanDameka itu disambut dengan cibiran dari guru honorer yang menggelar aksi.

"Kamisudah melayangkan surat ke polres dan Kantor Bupati. Tapi hari ini merekamengatakan Pj Bupati gak ada. Ini sangat mengecewakan bagi masyarakat, terutamaguru – guru yang hadir di sini," ketus salah seorang guru honorer Irwansyah yangikut dalan aksi damai itu.

Puluhanguru yang melakukan aksinya kemudian membubarkan diri karena kecewa tidakdipertemukan dengan Pj Bupati Langkat.

Sebelumnyapuluhan guru honor berorasi di depan Kantor Bupati Langkat, Jumat (15/3/2024)pagi. Dalam aksinya, mereka menuntut agar Seleksi Kompetisi Teknis Tambahan(SKTT) dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Gurutahun 2023 untuk dibatalkan.

Denganpengawalan ketat dari aparat kepolisian dan SatPol PP, para guru honorerpeserta PPPK tersebut dihadang persis di pagar masuk Kantor Bupati Langkat.Namun, melalui kordinator aksi Dian Novindra, mereka tetap menyampaikan aspirasidan tuntutannya di sana.

"Kamimeminta, agar Pj Bupati Langkat membuat surat permohonan secara resmi melaluiSekda, untuk pembatalan SKTT, dikarenakan melanggar ketentuan administrasi danterdapat dugaan transaksional," Dian Novindra, diiringi teriakan guruhonorer lainnya.

Selainitu, mereka juga meminta, agar Pj Bupati Langkat segera melaksanakan pengumumanulang hasil seleksi PPPK Guru Tahun 2023 Langkat, sesuai hasil CAT BKN. Sertadilakukannya evaluasi melalui panitia seleksi daerah (Panselda), terkait adanyaguru - guru dan dapodik siluman yang lulus PPPK.

"Salahsatunya, staff honorer Bidan Sumber Daya Air (SDA) di Dinas PUPR KabupatenLangkat yang terdaftar Dapodiknya di SDN 056010 Cempa, Kecamatan Hinai yanglulus PPPK tahun 2023. Kami minta, agar PJ Bupati Langkat mendiskualifikasiguru siluman tersebut," tegas Dian.

Setelahitu, perwakilan Pemkab Langkat melalui Asisten III Musti Sitepu akhirnyamenemui guru honorer yang berorasi di sana. Musti berjanji, akan menyampaikanseluruh aspirasi dan tuntutan mereka kepada PJ Bupati Langkat M Faisal Hasrimy.

"PakPj Bupati dan BKD sedang di Jakarta. Nanti akan saya sampaikan apa yang menjadiaspirasi dan tuntutan tekan - rekan semua kepada beliau. Kami bukan menghalangikalian berorasi, tapi inilah prosedur yang harus dilaksanakan, untuk menjagakondusifitas," kata Musti.

Editor
: M Iqbal

Tag:

Berita Terkait

News

Serahkan SK PPPK, Amir Hamzah: Wali Jadilah Guru Berdedikasi dan Menginspirasi

News

Pj Bupati Langkat Lepas 78 Atlet Asal Langkat di PON XXI 2024 Aceh-Sumut

News

Pj Bupati Langkat Tegaskan Kesiapan Maksimal Hadapi PON XXI Aceh-Sumut

News

Puluhan Mahasiswa Demo DPRD Sumut, Copot Pj Bupati Tapteng Cawe-cawe di Pilkada

News

Sosialisasi PON XXI di Kecamatan Batangkuis, Foto Yusuf Siregar Masih Terpajang

News

Pj. Bupati Langkat Resmikan CFD: Membangkitkan Olahraga, Ekonomi, dan Semangat PON XXI 2024