HUT ke-76 Sumut, Hassanudin: Pertumbuhan Perekonomian Sumut Capai 5,01 Persen

Heru - Rabu, 17 April 2024 22:40 WIB
(Diskominfo Sumut/Alexander AP Siahaan)
Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menghadiri dan menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT ke-76 Provinsi Sumut di Gedung Paripurna DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (17/4/2024).

Kitakini.news -Memasukiusia ke-76 tahun, beragam capaian telah diraih Provinsi Sumatera Utara (Sumut).Mulai dari pertumbuhan ekonomi yang terus membaik, hingga berbagai capaianlainnya, yang melebihi capaian nasional.

Padatahun 2023, pertumbuhan perekonomian Sumut mencapai 5,01 persen. ProdukDomestik Regional Bruto Sumut mencapai Rp271 triliun.

"Sumutpun menjadi salah satu penyumbang terbesar pertumbuhan perekonomian di PulauSumatera," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin saat menyampaikanpidato pada Rapat Paripurna HUT ke-76 Provinsi Sumut di Gedung Paripurna DPRDSumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Rabu (17/4/2024).

Tidakhanya itu, beberapa capaian pun melampaui capaian nasional. Seperti indekspembangunan manusia yang sudah berada pada angka 75,13, lebih besar darinasional yaitu 74,39. Prevalensi stunting Sumut juga lebih baik dari nasionalyaitu berada pada angka 18,9 persen.

"Sumutpun menjadi provinsi ke-9 dengan PrevalensiStunting terendah di Indonesia," ucapnya.

Persentasikemiskinan tercatat 8,15 persen atau lebih rendah dari nasional sebesar 9,36persen. Persentase estimasi kemiskinan ekstrem tercatat 0,78 persen atau lebihrendah dari nasional sebesar 1,12 persen.

Kemudiankondisi gini rasio yang tercatat pada angka 0,309 poin, lebih baik dibandingnasional yang tercatat pada angka 0,388 poin. Tingkat pengangguran terbukamengalami tren yang terus membaik hingga pada angka 5,89 persen.

Darisisi akselerasi tata kelola pemerintahan, indeks reformasi birokrasi ProvinsiSumut sudah mencapai 75,18 point dengan katagori BB, meningkat dari tahun 2022yang tercatat pada angka 66,87 point atau katagori B. Nilai SAKIP atausistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan di tahun 2023 mendapatkannilai sebesar 68,85 poin.

"Indikatorini menilai bahwa kualitas penerapan manajemen kinerja birokrasi danpenyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil telah menunjukkanhasil yang baik," bebernya.

Padatahun 2024, Pemprovsu telah menerapkan empat prioritas pembangunan yaitupeningkatan kualitas sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi inklusif,peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, dan tatakelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Padakesempatan tersebut, Hassanudin juga mengajak masyarakat untuk menyukseskanPekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Sumut pada tahunini.

Iajuga mengajak masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Sehingganantinya Sumut menjadi contoh bagi provinsi lain dalam penyelenggaraan PON.

Ataspencapaian yang diraih, Hassanudin pun mengapresiasi peran serta seluruhmasyarakat dan pihak-pihak terkait yang telah berkontribusi. Peran serta dansinergi dibutuhkan untuk menyambut kehidupan yang lebih baik.

Sementaraitu, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution mewakili anggota dewan danmasyarakat Sumut mengucapkan selamat hari jadi ke-76 Provinsi Sumut. Iamengharapkan ke depan Sumut semakin sejahtera, dan segera terwujud semuayang dicita-citakan. (**)

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

News

Pengadaan Fire Extingursher dan Bracket TV di DPRD Sumut Habiskan APBD Senilai Rp947 Juta

News

Pendalaman Ranperda Perlindungan Masyarakat Adat, Sutarto Kunjungi Komnas HAM RI

News

Terima Silaturahmi MUI Sumut, Agus Fatoni: Kemitraan Kepada Ulama Bisa Lebih Dimaksimalkan

News

Fatoni Terus Dorong Percepatan Pembangunan Proyek Strategi Nasional di Sumut

News

Atap Venue Futsal Bocor, Hendro Susanto Sidak ke GOR Astaka

News

Masuk Dalam RPJMD Sumut, ARS Minta Pemprovsu Serius Bangun Objek Wisata Danau Siais