Brigpol Putri Jalani Pengabdian Mulia Jadi Relawan Pendidikan Bagi Anak Papua

Efendi Jambak - Kamis, 16 Mei 2024 23:03 WIB
(Istimewa)
Brigpol Mardiani Putri Harahap, asal Kota Sidimpuan jalani pengabdian mulia menjadi seorang relawan pendidikan bagi anak pedalaman Papua.

Kitakini.news -Meski sebagai perempuan, sosokBrigpol Mardiani Putri Harahap, asal Kota Padasidimpuan rela jalani pengabdianmulia menjadi seorang relawan pendidikan bagi anak pedalaman Papua.

Sosok Brigpol Putri atau Puput,sapaan karib personel Ba Si Humas Polres Padangsidimpuan ini, rela jalanipengabdian mulia selama satu minggu lamanya demi berbagi ilmu dan pengalamansebagai relawan pendidikan anak di Papua.

Brigadir Puput, merupakan sosokSrikandi yang satu-satunya mewakili Polri berangkat jadi relawan ke Papua. DariProvinsi Sumut, Brigpol Puput, bersama seorang sipil lainnya yang jadiperwakilan Provinsi Sumut menjadi relawan atau delegasi dalam ekspedisibertajuk "Sapa Papua" ini.

Yayasan Arah Pemuda Indonesiaberkolaborasi dengan Kemenpora RI, adalah penyelenggara dari aksi mulia ini.

"Perjalanan pengabdian selamasepekan ini, kami lakukan bersama relawan lainnya di Kampung Friwen, Waisai,Raja Ampat, Papua Barat Daya," terang Brigpol Puput kepada wartawan, Kamis(16/05/2024) sore.

Brigpol Puput menjelaskan, selainmembaur bersama masyarakat disana sejak Senin (6/5/2024) hingga Senin(13/05/2024), relawan menitikberatkan pengabdian pada pendidikan yangmenyenangkan bagi anak murid SDN 4 Friwen.

"Selain berbagi ilmu pendidikanyang menyenangkan, kami berupaya membaur dengan masyarakat. Yakni, dengantinggal bersama di Rumah penduduk bersama relawan lainnya," urai BrigpolPuput.

Selain berbagi ilmu, kata BrigpolPuput, relawan juga banyak lakukan aksi sosial. Aksi sosial yang relawan lakukanantara lain, dengan menyalurkan donasi baju layak pakai, buku-buku, maupunmainan anak-anak.

"Selama sepekan, relawan aktifmelakukan pendidikan di 6 Kelas yang ada di SDN 4 Friwen. Meski hanya ada 5orang per Kelas, namun anak-anak saudara-saudara kita di Papua ini cukupantusias mendengar arahan pendidikan dari relawan," sebutnya.

"Selain ilmu pendidikan, kamijuga memberi motivasi, agar anak-anak Papua semangat dalam menggapai cita-cita.Bahkan, ada seorang anak yang pintar bernama Simon, yang mau jadi Polisi. Simontermotivasi, dengan hadirnya Polwan mendidik mereka," imbuh Brigpol Puput.

Brigpol Puput mengaku, menjalanipengabdian sebagai relawan di Papua, adalah suatu kebanggaan. Ia merasa sangatsenang ketika terpanggil menjadi salah satu relawan mewakili Polri se-Indonesiauntuk pergi ke Papua.

"Kami sangat senang, karenadapat pengalaman baru selama menjadi relawan ini. Dan kami juga bangga bisaterpilih jadi relawan ini. Meski harus melewati proses seleksi yang ketat,Alhamdulillah kami bisa terpilih menjadi relawan ke Friwen, Raja Ampat,Papua," ungkapnya.

Lebih jauh, Brigpol Puput mengaku,awalnya agak sedikit ada rasa was-was meninggalkan dua orang anaknya bersamasuami di Rumah, untuk datang ke Papua menjadi relawan. Apalagi, sebagaimanasaat ini, Papua masih cenderung rawan konflik dari Kelompok Kriminal Bersenjata(KKB).

Namun, sebagai insan Bhayangkara,Brigpol Puput meyakinkan diri bahwa, memang sudah menjadi tugasnya untukmengabdi ke Negara. Apalagi, sambungnya, meski berada di daerah pedalaman,namun Kampung Friwen lokasinya masih relatif aman.

"Kampung Friwen sangat indah.Di sini, juga terkenal sebagai lokasi daerah wisata," rincinya.

Menurut Brigpol Puput, sang suamiyang juga merupakan anggota Polri di Sat Intelkam Polres Tapanuli Selatan,sangat mendukung, keberangkatannya ke Papua. Begitu juga dengan orangtua dananaknya yang juga mendukung serta rela untuk terpisah selama satu minggu.

Kata Brigpol Puput, keluarga relamelepasnya menjadi relawan, karena tahu, jika ia akan melaksanakan pengabdianmulia bersama masyarakat dan anak-anak di Papua. Ia mengenang, selama mengabdidi Papua, sambutan masyarakat di sana sangatlah positif.

"Terutama, anak-anak Papua.Sebab, anak-anak di Papua ini sangat senang melihat Polisi, sehingga tak heranbanyak yang bercita-cita jadi anggota Bhayangkara," ucapnya.

Terakhir, Bigpol Puput mengucapkanterima kasih ke Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK,MSi, atas dukungan maupun izin darinya sehingga bisa berangkat jadi relawan kePapua. Ucapan terima kasih juga ia haturkan ke Kapolres Padangsidimpuan, AKBPDudung Setyawan, SH, SIK, MH.

Baginya, Kapolres Padangsidimpuansebagai Pimpinan dan orangtua di satuannya, terus memberi motivasi dan masukanpositif untuk mengabdi seluas-luasnya ke masyarakat. Dia juga ucapkan terimakasih kami ke Pj Wali Kota Padangsidimpuan, Letnan Dalimunthe, bersama OPDlainnya.

"Karena, Bapak Pj Wali Kotaturut mendukung maupun memfasilitasi keberangkatan kami dalam berkegiatanpengabdian di Kampung Friwen, Raja Ampat," tandas Brigpol Puputmengakhiri. (**)

Editor
: Heru

Tag:

Berita Terkait

News

Aktifkan Kaderisasi, PCNU Acungkan Jempol ke GP Ansor Padangsidimpuan

News

Peringati HUT Polwan, Polres Padangsidimpuan Gelar Syukuran dan Pemberian Tali Asih

News

Pj Walikota Padangsidimpuan dan Kapolres Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional ke-40

News

Polres Padangsidimpuan Tangkap Pelaku Pembongkaran Tower Telkom

News

Masuk Dalam RPJMD Sumut, ARS Minta Pemprovsu Serius Bangun Objek Wisata Danau Siais

News

Bergabung di Kontingen Sumut, Ini 12 Atlet Padangsidimpuan Ikut PON XXI