Hassanudin: Pancasila Tak Akan Lekang Karena Panas, Tak Luntur Karena Hujan

Heru - Sabtu, 01 Juni 2024 14:30 WIB
(Diskominfo Sumut/Fahmi Aulia)
Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Hassanudin memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Astaka, Jalan Pancing, Sabtu (1/6/2024).

Kitakini.news - Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Hassanudinmemimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Pada kesempatan itu,Hassanudin menyampaikan bahwa Pancasila akan terus relevan bagi bangsaIndonesia khususnya masyarakat Sumut.

"Pancasila itu anugerah yang Maha Kuasa, pendiribangsa kita sudah meletakkan dasar negara kita yang sangat adaptif untuk kita,sehingga Pancasila ini tidak akan lekang karena panas, tak akan luntur karenahujan," ujarnya usai memimpin Upacara di Lapangan Astaka, Jalan Pancing, Sabtu(1/6/2024).

Menurut Hassanudin, Pancasila menjadi energi bangsauntuk menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari kemajuan teknologi, tekananhidup dapat dihadapi dengan semangat Pancasila. Oleh sebab itu, penerus bangsaharuslah terus menghayati Pancasila dan mengembangkannya dalam kehidupan seharihari.

"Kita selalu dalam keragaman, Pancasila merupakanperekat kerukunan harmoni dalam menghadapi apapun, untuk menatap masa depanyang lebih baik, mari kita semangat gelorakan keberagaman," terangnya.

Sebelumnya, dalam amanat Kepala Badan PembinaanIdeologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang dibacakan Pj Gubernur Hassanudinmengajak untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiapaspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Masih kata Hassanudin, sebagai meja statis,Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombangtantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetapberdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomaniagar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnyaoleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan padasemangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin darietika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia," bebernya.

Usai memimpin upacara, Hassanudin bersama denganForkopimda Sumut mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Pusat di BlokRokan, Riau secara virtual.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi yang memimpinupacara mengatakan Pancasila bisa menjadi pembebasan ketergantungan Indonesiaterhadap pihak asing.

Jokowi menyebut Freeport dan Blok Rokan merupakancontoh dari kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi yang telah dilakukanIndonesia.

"Untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupannyata membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional berdiri diataskekuatan kita sendiri," ujarnya.

Mengambil alih aset aset bangsa merupakan upayamemperkuat kemandirian dan kedaulatan ekonomi bangsa. Tujuannya untukkemakmuran rakyat.

"Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnyauntuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-asetstrategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untukkesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat," ujar Jokowi.

Hassanudin juga menyerahkan bendera merah putihuntuk masyarakat secara simbolis kepada Paskibraka yang bertugas. Penyerahanbendera merah putih merupakan bagian program pembagian bendera sebanyak 10 jutayang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Hadir Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya ImamEffendi, Ketua DPRD Sumut Sutarto, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief STrinugroho. Upacara diikuti unsur ASN, TNI, Polri, dan instansi terkait lain. (**)

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

News

Polres Padangsidimpuan Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

News

Aulia Rachman Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Tekankan Kebersamaan dalam Bingkai Pancasila

News

Puan Maharani: Pancasila Telah Teruji Oleh Sejarah Sebagai Panduan Hidup Bangsa

News

Pilkada 2024, ASN Diminta Tetap Jaga Iklim Kondusif dan Netralitas

News

Bawaslu Berperan Penting Sukseskan Pilkada 2024, kata Fatoni

News

Catatkan Rekor MURI, 82.392 Volunteer PON Sumut Terbanyak di Dunia