UPTD Pelayanan Sosial Anak Balita Medan Lepas 40 PPKS Periode 2023-2024

Heru - Selasa, 11 Juni 2024 16:15 WIB
(Diskominfo Sumut/Munawar Hrp)
Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara Halimatus Sakdiah saat memberikan arahan di Kegiatan Pemutusan Pelayanan Sosial (Terminasi) Tahun Anggaran 2023 s/d 2024 di aula Kantor UPTD Pelayanan Sosial Anak Balita Jalan T Amir Hamzah Medan, Selasa (11

Kitakini.news - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelayanan SosialAnak Balita Medan, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara (Dinsos Sumut) menggelarPemutusan Pelayanan Sosial (Terminasi)kepada 40 anak Pemerlu Layanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang telahselesai mengikuti program pembinaan.

Pelepasan dan terminasi ditandai penyerahaansertifikat kepada anak asuh oleh Sekretaris Dinsos Sumut Halimatus Sakdiah diAula Pelayanan Sosial Anak Balita Medan Dinsos Sumut, Jalan Tengku Amir HamzahNomor 59 Medan, Selasa (11/6/2024)

Pada kesempatan itu, Halimatus Sakdiah mengatakanterminasi ini dilakukan karena telah selesainya program/pembinaan rehabilitasisosial terhadap anak selama 1-3 tahun di UPTD Pelayanan Sosial Anak BalitaMedan, agar mereka kembali ke lingkungan sosial tempat tinggal dan melanjutkanjenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Peran Dinas Sosial sudah selesai, artinyanegara hadir untuk pembinaan generasi muda. Ini titik awal bagi mereka dantentu akan dilanjutkan oleh para orang tua untuk menggiring mereka mengapaicita-cita mereka," ujarnya.

Untuk itu, Halimatus berharap kepada orang tua agarsecara maksimal mengantarkan dan menuntun mereka, sehingga ke depan menjadilebih baik lagi.

"Anak-anak kita harus lebih baik dari kita,pemerintah menjamin adanya pendidikan bagi masyarakat melalui program BOS, KIP,BSM dan Bidik Misi. Bapak/Ibu bisa mengakses untuk mendukung pendidikananak-anak kita," imbuhnya.

Dia juga berharap, jajaran UPTD Pelayanan SosialAnak Balita Medan Dinsos Sumut terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala UPTD Pelayanan Sosial AnakBalita Medan Dinsos Sumut Lily Maulina Lubis mengatakan, saat ini pihaknyamengasuh 65 orang terdiri dari laki-laki 34 orang dan perempuan 31 orang.

Mereka yang diasuh karena ketidakmampuanorangtuanya dalam memenuhi kebutuhanjasmani, rohani dan sosial anak itu sendiri, baik itu karena faktor ekonomi,budaya dan faktor lain.

"Hari ini kita melaksanakan terminasi kepadaanak asuh sebanyak 40 orang. Kita berharap mereka bisa kembali ke lingkunagnsosial, melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sebagai generasipenerus," bebernya.

Lily juga berpesan kepada para orang tua dan anakasuh, untuk tetap semangat dan terus termotivasi dengan segala keterbatasanyang dimiliki, agar generasi penerus bangsa kedepannya lebih baik.

Mewakili salah satu orang tua penerima manfaatJulius Silalahi mengucapkan terima kasihkepada jajaran Dinas Sosial Sumut, terkhusus kepada jajaran UPTD Pelayanan AnakMedan.

"Kami para orang tua mengucapkan terima kasihkepada ibu/bapak guru di sini dengan sabar mengajari, membimbing danmemperhatikan gizi anak kami. Kami bangga anak kami di sini, mereka sehat dancerdas. Hanya doa kesehatan yang bisa kami panjatkan, untuk jajaran UPTDPelayanan Anak Medan," terangnya.

Ke depan, Silalahi berharap, Pemprov Sumut bisamenambah kuota jumlah anak penerima manfaat, karena ini sangat membantu paraorang tua yang ekonominya terbatas. Turut hadir guru dan seluruh jajaran UPTD, sertapara orang tua penerima manfaat. (**)

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait