Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sumut, Pj Gubsu Ajak Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Heru - Kamis, 04 Juli 2024 02:03 WIB
(Diskominfo Sumut/Imam Syahputra).
Penjabat Gubernur Sumut Agus Fatoni saat diwawancarai awak media usai Pembukaan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 yang diselenggarakan di Halaman Istana Maimon, Jalan Brigjend Katamso, Medan, Rabu (3/7/2024).

Kitakini.news -PenjabatGubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Agus Fatoni mengajak masyarakat agar menggunakanproduk lokal guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini disampaikannyadalam acara Pagelaran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 di IstanaMaimon, Medan, Rabu (3/7/2024).

"Sayasangat senang dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong aktivitas ekonomimasyarakat, khususnya UMKM untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secaraluas. Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) menyambut baik berbagai inisiatifuntuk percepatan pengembangan UMKM dan pariwisata dalam rangka mendorong pertumbuhanekonomi Sumut," papar Fatoni.

MenurutFatoni, melalui Gernas BBI dan GBBWI 2024 dapat mendorong semangat para pelakuUMKM untuk terus berkembang dan berinovasi. Saat ini, jumlah UMKM di Sumuttercatat sebanyak 1,16 juta yang mampu menyerap 80 persen tenaga kerja. Darijumlah tersebut sebanyak 98,9 persen merupakan usaha mikro dan kecil, sedangkanusaha menengah dan besar hanya sebanyak 1,1 persen.

Melaluipagelaran KKSU ini, Fatoni mengimbau para pelaku UMKM untuk dapat melakukantransformasi dan inovasi usaha. Salah satu caranya dengan memanfaatkan media sosial,e-Commerce dan Website sebagai sarana utama pemasaran dikarenakan sejalan denganadaptasi kehidupan normal yang baru.

Selanjutnyamenguatkan sinergi dan kolaborasi antar-pelaku dan pendukung UMKM dalamberbagai bentuk dari proses produksi, permodalan, maupun pemasaran.

Fatonijuga menyarankan pelaku UMKM agar mengoptimalkan transaksi penjualanmenggunakan alternatif sistem pembayaran tanpa sentuhan dengan menggunakan Quick Response Indonesian Standard(QRIS).

"Kamidari Pemprovsu melalui Dinas Koperasi dan UKM tahun 2024 ini juga mengadakanberbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kewirausahaan dan juga peningkatandaya saing UKM melalui kegiatan, seperti berbagai pelaksanaan inkubator bisnis,fasilitasi pameran dan galeri produk UMKM, pelatihan peningkatan produk UMKMdan branding produk, yang akan memberikan dampak yang lebih signifikan bagiperkembangan seluruh UMKM di Sumut," jelas Fatoni.

Dalamkesempatan yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mengatakankegiatan ini merupakan wujud komitmen memperkuat ekonomi dan investasi didaerah melalui kegiatan UMKM dan bisnis, serta promosi proyek investasistrategis di Sumut.

PelaksanaanGernas BBI dan GBBWI merupakan momentum untuk memperkuat UMKM dan mengubah polapikir masyarakat untuk cinta dan bangga akan produk Indonesia.

Menurutnya,mencintai produk Indonesia saja tidaklah cukup, maka itu diperlukanlangkah-langkah strategis dalam menghadapi persaingan produk UMKM yang semakinketat, salah satu caranya seperti menggunakan produk lokal buatan UMKM.

Upayalainnya adalah terus berinovasi dengan mengikuti selera yang terus berkembang.Kemudian dengan menonjolkan kualitas dan keunikan dari produk UMKM.

"Produkyang dihasilkan tidak hanya memenuhi kualitas standar, tapi kualitas cerita,bahwa makanan ini adalah organik, bahwa tenun ini adalah ramah lingkungan,bahwa kerajinan ini mempunyai nilai heritage yang harus dijaga. Pelaku UMKMmenyumbang sebagian besar lapangan kerja di Indonesia, serta menjadi motorpenggerak bagi ekonomi daerah dan penyangga ketahanan ekonomi nasional," beber Juda.

Sebagaimanadiketahui, Gernas BBI dan GBBWI 2024 merupakan rangkaian pagelaran KaryaKreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 dengan Bank Indonesia (BI) sebagai campaignmanager yang berkolaborasi dengan Pemprovsu.

Kegiatanini menggandeng berbagai Stakeholder sepertikementerian, perbankan, penyelenggara jasa sistem pembayaran (non bank), topbrands, Dekranasda, dinas dan asosiasi terkait.

Hadirpada pagelaran KKSU tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan EkonomiKreatif Odo RM Manuhutu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut IGP WiraKusuma, Forkopimda Sumut, sejumlah konsulat negara sahabat dan konsulat kehormatan,akademisi, pelaku UMKM dan stakeholder lainnya. (**)

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

News

Plt Wali Kota Medan Ajak APMIKIMMDO Bersinergi Majukan UMKM

News

Pilkada 2024, ASN Diminta Tetap Jaga Iklim Kondusif dan Netralitas

News

Bawaslu Berperan Penting Sukseskan Pilkada 2024, kata Fatoni

News

Catatkan Rekor MURI, 82.392 Volunteer PON Sumut Terbanyak di Dunia

News

Agus Fatoni Launching Brand Tunggal "Kopi Sumut"

News

Agus Fatoni Launching Brand Tunggal "Kopi Sumut"