Ahmad Darwis Usulkan Solusi Atasi Regulasi Perparkiran

Heru - Kamis, 18 Juli 2024 02:03 WIB
(Dok. DPRD Sumut)
Anggota DPRD Sumatera Utara, Ahmad Darwis

Kitakini.news - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara(DPRD Sumut) Ahmad Darwis mengusulkan berbagai langkah dan solusi untukmengatasi masalah regulasi perparkiran di Kota Medan. Langkah-langkah tersebutharus melibatkan beberapa aspek, termasuk pengelolaan parkir liar, tarif parkiryang tidak konsisten, kurangnya lahan parkir, dan ketidakjelasan sistempembayaran.

"Dengan langkah-langkah ini, diharapkan PemkoMedan dapat mengatasi masalah perparkiran, meningkatkan kenyamanan pengendara,dan mendukung kelancaran lalu lintas di kota ini," ujar Ahmad Darwiskepada wartawan melalui sambungan seluler dari Medan, Rabu (17/7/2024).

Ahmad Darwis menjelaskan, pihaknya mengamati sejumlahmasalah utama perpakiran, diantaranya parkir liar dan banyak kendaraan parkirsembarangan, sehingga mengganggu Lalulintas.

Kemudian tarif tidak konsisten, lanjutnya, yang seringkali tidak jelas dan bisa berbeda-beda dan kurangnya lahan parkir, denganterbatasnya lahan parkir di area padat serta sistem pembayaran, yakni sistempembayaran parkir yang belum terintegrasi dengan baik.

Maka Ahmad Darwis mengajukan usul yakni diperlukanpenegakan hukum dan pengawasan, yakni dengan meningkatkan patroli dan penegakanhukum terhadap parkir liar dan denda dan sanksi, tegas bagi pelanggar parkir.

Berkaitan dengan regulasi tarif parkir, AhmadDarwis mengungkapkan, bahwa dibutuhkan standarisasi tarif dengan menetapkantarif parkir yang standar dan transparan. Kemudian, pengawasan tarif yang ketatterhadap penerapan tarif parkir oleh petugas parkir.

Begitu juga tentang penyediaan lahan parkirdibutuhkan pembangunan gedung parkir atau lahan parkir tambahan di areastrategis dengan memanfaatkan ruang terbuka yang belum terpakai untuk areaparkir sementara.

Masih kata Ahmad Darwis, sistem pembayaranelektronik yakni mengimplementasikan sistem pembayaran elektronik yang terintegrasidan mengembangkan aplikasi parkir yang memberikan informasi lokasi parkir danmemudahkan pembayaran.

Selain itu, sambungnya, dibutuhkan sosialisasi danedukasi, dengan meningkatkan kampanye kesadaran tentang pentingnya parkirtertib dan mematuhi peraturan. Yang tidak kalah pentingnya adalah edukasipengendara tentang lokasi parkir yang diizinkan dan tarif yang berlaku.

Serta kerjasama dengan pihak swasta, berupakemitraan untuk pembangunan dan pengelolaan lahan parkir.

"Dan Inovasi teknologi dengan mengadopsiteknologi terbaru untuk manajemen parkir yang lebih efisien," tuturnya.

Dia berharap dengan langkah-langkah ini, Kota Medandapat mengatasi masalah perparkiran, meningkatkan kenyamanan pengendara, danmendukung kelancaran Lalulintas di kota ini. (**)

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

News

Rachmad Hidayat: Bermain di Stadion Utama Sumut Tambah Motivasi Tim

News

Stadion Utama Sumut Harapan Baru PSMS untuk Pertandingan Kandang, Pelatih Bilang Begini

News

Nil Maizar Optimis, PSMS Berpeluang Geser PSPS di Stadion Baharuddin Siregar

News

Sambil Merangkak, Pencuri Ambil Handphone Milik Karyawan Toko

News

Dua Warga Aceh Kurir 10 Kg Sabu dan 18 Ribu Butir Pil Kenjo Diadili di PN Medan

News

Ketua Fraksi Golkar Aswin Parinduri Optimis DPP Segera Kirimkan Nama Calon Ketua DPRDSU