Kementerian Kelautan dan Perikanan Beri Bantuan Klaster Budidaya Udang di Langkat

Heru - Kamis, 18 Juli 2024 22:30 WIB
(Kitakini.news/Junaidi)
Penjabat Bupati Langkat resmikan Klaster Budidaya Udang Vaname Intensif di Dusun Pasar Rawa, Kecamatan Gebang

Kitakini.news -Kementerian Kelautan dan Perikananmelalui Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara (BBPBAP Jepara)memberikan bantuan klaster budidaya Udang kepada Pemerintah Kabupaten Langkatdalam bentuk Klaster Budidaya Udang Vaname Intensif di Dusun Pasar Rawa,Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, pada Kamis (18/7/2024).

Pada kesempatan itu, Penjabat BupatiLangkat HM Faisal Hasrimy menjelaskan bahwa bantuan ini diberikan kepadaKelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Anak Langkat Bertuah.

Bantuan ini mencakup pembuatansaluran inlet dan outlet, pipa buangan, rumah jaga tambak, rumah genset, gudangpakan dan sarana, jaringan listrik dan lampu, dua petak tandon, satu petakInstalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), serta enam petak tambak udang denganluas 1600 m² per petak, dengan total biaya mencapai Rp 5,5 Miliar.

"Harapannya, estimasi produksi yangdihasilkan padat tebar mencapai 150 ekor/m², size panen 50 ekor/kg,kelangsungan hidup 70-80 persen, biomassa panen lebih dari 20 ton per siklus,dan carrying capacity antara 2,0-4,0 kg/m²," imbuhnya.

Sementara itu, Plt Camat Gebang M Iskandarsyah menyampaikan rasa syukur atasbantuan ini. "Anugerah bagi Kecamatan Gebang terpilih menjadi lokasi studipenerima bantuan klaster budidaya Udang se-Sumatera Utara," ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa salah satukendala yang dihadapi masyarakat Kecamatan Gebang dalam budidaya udang adalahair yang tercemar limbah pabrik, yang sering mengakibatkan gagal panen.

"Semoga dengan adanya klasterbudidaya udang ini dapat menjadi tempat studi dan membangkitkan semangatmasyarakat untuk kembali membudidayakan udang," terangnya.

Kepala BBPBAP Jepara, Supito menyampaikan bahwa program ini terealisasiberkat informasi dari masyarakat Kabupaten Langkat yang disampaikan oleh KadisKelautan dan Perikanan Langkat, Drs. T. M. Auzai.

"Sehingga kami bergerak meninjaulalu membangun klaster udang di Kabupaten Langkat ini," iucapnya.

Supito berharap klaster ini dapatmenjadi percontohan bagi masyarakat sehingga seluruh petambak udang di SumateraUtara dapat belajar di Klaster Budidaya Udang Langkat. (**)

Editor
: M Iqbal

Tag:

Berita Terkait

News

Kementerian Kelautan dan Perikanan Beri Bantuan Klaster Budidaya Udang di Langkat

News

Mencuri 3 Ton Ikan di Perairan Indonesia, Kapal Ikan Asing Bendera Malaysia Ditangkap

News

Satlantas Polres Pelabuhan Belawan Sosialisasikan Kamseltibcar Lantas di PPSB