Agus Fatoni Optimis Penyelenggaraan PON XXI 2024 Akan Sukses

Heru - Selasa, 30 Juli 2024 03:03 WIB
(Diskominfo Sumut)
Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni menyampaikan tentang persiapan pelaksanaan PON XXI 2024, pada Dialog Forum Merdeka Barat 9, dalam rangka PON XXI Aceh-Sumut, di Jakarta, Senin (29/7/2024).

Kitakini.news -PenjabatGubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Agus Fatoni optimis penyelenggaraan PekanOlahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 berjalan sukses.

Halitu disampaikannya pada Dialog Forum Merdeka Barat 9, dalam rangka PON XXIAceh-Sumut, di Jakarta, Senin (29/7/2024).

MenurutFatoni, kegiatan PON merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi Provinsi Sumut sebagaituan rumah untuk menyukseskan penyelenggaraan spektakuler tersebut. Sejumlah persiapanyang dilakukan sejak tiba di Provinsi Sumut sebagai Pj Gubsu.

Pertama,dia meninjau Venue PON 2024 di Sport Centre, Desa Sena, Kabupaten Deliserdang.Saat ini progres pembangunan venue sudah mencapai 80% sementara itu terkaitvenue yang direhab, saat ini rata-rata sudah selesai sedangkan hal-hal lainnyamasih terus dikebut.

"InsyaAllah, pertengahan Agustus sudah rampung," kata Fatoni.

Kemudian,Fatoni juga melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah(Forkopimda) Sumut. Dirinya turut melibatkan Forkopimda dan paraBupati/Walikota masuk ke dalam Tim Panitia Besar (PB) PON.

Bahkan,bupati/walikota sebagai Ketua PB PON di wilayah masing-masing. dirinya jugameminta bupati/walikota untuk menyiapkan sarana prasarana disekitar venue,mulai dari transportasi, telekomunikasi, rumah sakit hingga kelistrikan.

"Selainsosialisasi, masing-masing kepala daerah cek sarana prasarana, venuenyadisiapkan. Siapkan juga transportasi, telekomuikasinya, PLN di cek. Rumahsakitnya dipersiapkan, posko kesehatan dan hotel penginapan dan pendukungsarana prasarana," jelas Fatoni.

Fatonijuga meminta, agar sosialisasi secara masif di media sosial hingga ke tingkatdesa, dengan memasang baliho, stiker, poster, hingga ke tingkat desa, khususnyadi 10 kabupaten/kota yang menjadi lokasi pelaksanaan PON di Provinsi Sumutterus digencarkan.

"Makasekarang semua harus melakukan kerja cepat dan terukur, kita harus cepat namunsesuai dengan peraturan perundang undangan. Untuk UMKM, khususnya kriya ataukerajinan maupun oleh-oleh khas Sumut yang harus menjadi perhatian," ujarnya.

Menurutnya,melalui penyelenggaraan PON menjadi kesempatan untuk mengenalkan Sumut padapara tamu dari daerah lain. Oleh karena itu, kesuksesan pelaksanaan PON XXImenjadi tanggung jawab bersama semua pihak.

"Jadiini (PON) tanggung jawab kita bersama untuk menyukseskan PON, karena Sumutdapat kehormatan jadi tuan rumah PON yang sudah lama sekali kita inginkan,Sumut jadi tuan rumah PON tahun 1953," ucapnya. (**)

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

News

Panwasrah PON XXI 2024: Cabor Catur di Karo Lancar

News

Fatoni Ingin PON XXI Sukses Sebagai Penyelenggara, Presitasi dan Administasi

News

Tumbangkan Aceh, Restika Nduru Antar Sumut ke Semifinal Tunggal Wanita Gateball

News

Cabor Lari 800 Meter, Dua Pelari Sumut Masuk Final

News

Jawa Barat Kantongi Emas di Cabor Esport Free Fire di PON Aceh-Sumut

News

Distribusi Ratusan Ribu Kotak Konsumsi Lancar, PB PON XXI Sumut Ambil Langkah Mitigasi dan Respons Cepat