Sekda Sumut Berharap Banyak Muncul Generasi Muda Cinta Seni Qasidah

Heru - Selasa, 08 Oktober 2024 03:03 WIB
(Diskominfo Sumut/Fahmi Aulia)
Sekretaris Daerah Sumatera Utara Arief S Trinugroho saat membuka sekaligus melantik Juri Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2024 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Senin (7/10/2024).

Kitakini.news -PemerintahProvinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berharap dengan banyak munculnya generasimuda yang mencintai seni qasidah, serta menjadikannya sebagai sarana dakwahuntuk mengajak kepada kebaikan dan menyebarkan pesan-pesan perdamaian.

"Diera keterbukaan informasi saat ini kita harus membekali generasi muda, kitaakrabkan mereka dengan seni-seni budaya berbasis keagamaan yang kita miliki.Karena lewat syair-syairnyamengajarkan nilai-nilai kebaikan, kejujuran,kesabaran, serta mengingatkan kepada Allah SWT," ujar Sekretaris Daerah (Sekda)Sumut, Arief Trinugroho saat membuka Festival Seni dan Qasidah (FSQ) TingkatSumut 2024 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan PangeranDiponegoro Medan, Senin (7/10/2024).

Menurutnya,di era modern saat ini arus informasi dan budaya luar begitu cepat masuk,sehingga perlunya memperkenalkan seni dan budaya yang berbasis keagamaan kepadagenerasi muda.

Ariefjuga berharap Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Sumut terus berperan dalammendukung dan memfasilitasi kegiatan seni bernuansa Islami, yang tidak hanyasebagai ajang lomba atau hiburan semata. Tetapi bagian melestarikan danmengembangkan seni budaya Islam, yang sarat dengan nilai-nilai moral danspritual.

Masihkata Arief, pihaknya berharap kepada para peserta lomba untuktidakmenjadikannya sebagai ajang festival semata, tetapi juga menjadikannyasebagaiajang silaturahmi.

"Sayaucapkan selamat bertanding, jadikan festival ini sebagai ajang untukmenunjukkan bakat dan kemampuan terbaik kalian. Ingatlah, setiap perlombaanbukan hanya soal menang atau kalah, tetapi bagaimana kita dapat menampilkankarya terbaik, saling menghargai dan memperkuat silaturahmi antar sesama,"paparnya.

Sementaraitu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil) Sumut Ahmad Qosbimengatakan, seni Qasidah bukan sekadar hiburan semata, tetapi juga saranadakwah yang kuat, yang mengingatkan akan nilai-nilai agama, moralitas, danetika yang luhur.

"Perlombaanbernuansa religius ini, janganlah dimaknai sebagai formalitas acara seromonialbelaka, namun sebagai upaya komprehensif dalam rangka pembinaan kerohanian umatIslam, khususnya bagi generasi muda," ucapnya.

FSQtingkat Sumut tahun ini dilaksanakan selama enam hari, 6-11 Oktober 2024, diAsrama Haji Medan, yang diikuti 762 orang peserta. Mempertandingkanenamcabang lomba, yakni cabang rebana klasik golongan remaja dan dewasa putra danputri, cabang bintang vokalis golongan anak-anak, remaja, dewasa putra danputri, cabang pop religi golongan anak-anak remaja, dewasa putra danputri, cabang eksibisi naysid sholawat golongan remaja putra dan putri, cabangeksibisi fashion show golongan remaja berpasangan putra dan putri, cabangeksibisi kolaborasi kontemporer golongan kanak-kanak, dewasa putra dan putri.(**)

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

News

Jembatan Ambruk, Pj Sekdako Medan Panggil Dinas Terkait untuk Indentifikasi

News

Jembatan Cadika Ambruk, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

News

Pemko Medan Tindak Lanjuti Kejadian Ambruknya Jembatan Cadika

News

Sempat Terhenti Beberapa Tahun, Kemenag Akan Kembali Gelar Kemah Pramuka Madrasah

News

Pj Sekda Padangsidimpuan Tutup Festival Qasidah Rebana Klasik II

News

Tabuhan Rebana Kelompok Nasyid Iringi Deklarasi Dukungan ke Hapendi-Gempar di Padangsidimpuan