Demo Mahasiswa UBH Padang Ricuh, Gedung Rektorat Rusak

Azzaren - Selasa, 21 November 2023 08:39 WIB
Teks foto : Ratusan mahasiswa UBH Padang melakukan bakar ban di depan gedung rektorat menuntut rektor, diantaranya soal keterbukaan informasi mengenai anggaran kelembagaan. (Andi)

Kitakini.news -MahasiswaUniversitas Bung Hatta (UBH) Kota Padang, Sumatera Barat, terus melakukan aksi demonstrasihingga Senin malam (20/11/2023), Demonstrasi tersebut berujung rusaknya gedungrektorat di kampus Proklamator I.

Terlihatkondisi gedung rektorat UBH telah berantakan. Kaca-kaca jendela dan pintu masukgedung rektorat pecah saat aksi mahasiswa, yang melakukan demonstrasi sejaksenin petang.

Selainitu, ratusan mahasiswa melakukan bakar ban di depan gedung rektorat. Mahasiswamenuntut sejumlah tuntutan terhadap rektor, diantaranya soal keterbukaaninformasi mengenai anggaran kelembagaan.

Mahasiswajuga mendesak pihak rektorat untuk mengembalikan kesepakatan pembayaran UKTsesuai dengan sistem sebelumnya yang dimulai dari Tahun ajaran 2021-2023.

Kemudianmahasiswa juga menuntut pihak rektorat untuk melengkapi fasilitas daninfrastruktur penunjang kegiatan perkuliahan.

PolrestaPadang yang menerima laporan, langsung mengerahkan personil kepolisan gunamengantisipasi tindakan kerusuhan dan tampak berjaga di lokasi.

HinggaSelasa malam, mahasiswa masih berkumpul di samping gedung rektorat. Beberapaperwakilan mahasiswa sedang melakukan pertemuan dengan pihak kampus.

RektorUniversitas Bung Hatta, Tafdil Husni, saat menemui massa pendemo menyatakanakan segera melakukan tuntutan para mahasiswa dalam tenggat waktu tujuh hari kedepan. Dia meminta seluruh mahasiswa kembali membubarkan diri.

KapolrestaPadang, Kombespol Ferry Harahap mengungkapkan kalau situasi memanas saatselesai Ashar karena mahasiswa menganggap ada perkataan rektor yang menyinggungperasaan mahasiswa.

MenurutFerry, pihak kepolisian hanya bertugas mengamankan situasi. Sedangkan persoalanantara mahasiswa dan pihak kampus adalah masalah internal yang tidak merekacampuri.

Dirinyajuga menegaskan saat ini kondisi sudah kondusif dan proses belajar jugadiharapkan sudah bisa berjalan seperti biasa. Rektor dan mahasiswa juga sudahberdamai disaksikan oleh pihak kepolisian dan civitas akademika.

Editor
: M Iqbal

Tag:

Berita Terkait

News

Tuntut Netralitas Polri Dalam Pemilu Mahasiswa Binjai Gelar Unjuk Rasa

News

Berikut 18 Penghargaan Keselamatan Migas Milik PGN

News

Begini Arti Aplikasi QUEST dari PGN

News

Tetap Kembangkan Proyek Transmisi, Adaptif Tingkatkan Bisnis LNG

News

PGN Berhasil Tumbuh 28% pada Semester I 2024

News

PGN Bukukan Pertumbuhan Pendapatan Konsolidasi 8% dalam 4 Tahun