Plt Bupati Langkat Buka Sosialisasi Baznas di Kadin Langkat

M Iqbal - Selasa, 12 Desember 2023 10:00 WIB
Teks foto : Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Mulyono buka Sosialisasi Baznas di Kadin Langkat. (Junaidi)

Kitakini.news -Plt Bupati Langkat H Syah Afandin diwakili AsistenPemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Mulyono membuka kegiatan sosialisasiBAZNAS, Infaq dengan Kadin Langkat, di Aula H Syamsul Arifin Kantor KadinLangkat, Senin (11/12/2023).

Ketua Baznas Langkat Thantawi Jauhari mengingatkan kepadapeserta sosialisasi tentang pesan dari Plt Bupati Langkat H Syah Afandin yangselalu mengatakan zakat merupakan pembersih bagi diri, apabila tidak disalurkannantinya maka akan menjadi penyakit.

"Mari kita bersihkan melalui zakat yang kita keluarkanuntuk diri kita dan kita salurkan kepada saudara-saudara kita yang berhakmendapatkannya," ajaknya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Mulyonomengatakansebagaimana diketahui bersama bahwa zakat adalah salah satu pilar dalam agamaIslam yang merupakan kewajiban bagi umat muslim yang telah memenuhi syarattertentu dan mencapai nisabnya dengan tujuan untuk membersihkan harta seseorangdari sifat-sifat negatif.

Seperti kekikiran masyarakat dan egoisme karena padahakekatnya harta itu hanya titipan dari Allah subhanahu wa ta'ala yang mahakuasa.

"Dapat kita maknai bahwa begitu banyak manfaatberzakat sebab zakat merupakan ibadah yang mengandung unsur sosial, danspiritual dan dalam ini dapat pula menjadi salah satu cara untuk mendekatkandiri kepada Allah SWT dengan harapan akan mendapatkan pahala dan keberkahanserta kebaikan-kebaikan lainnya," terangnya.

Meningkatkan unsur ekonomi dan sosial yang melekat padazakat yang dengan sendirinya berhubungan dengan masyarakat luas baik masyarakatsebagai pemberi zakat (Muzakki) maupun masyarakat yang menjadi penerimaan zakat(Mustahik) maka diperlukan berbagai upaya dalam mengoptimalkan penerimaan zakatdiiringi pula dengan infaq dan sedekah.

"Untuk itu saya atas nama pribadi dan pemerintah menyampaikanapresiasi dan ucapan terima kasih atas pelaksanaan sosialisasi yang ditempuholeh baznas Kabupaten Langkat kepada pihak Kadin Kabupaten Langkat sebagaibentuk integritas kita bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,"ujarnya.

Dengan mensosialisasikan zakat infaq dan sedekah kepadaKadin Langkat diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam mengoptimalkanpenerimaan zakat amal dan sedekah di mana kita ketahui bahwa Kadin KabupatenLangkat mempunyai cakupan yang cukup luas dengan beranggotakan para pengusahadan pelaku usaha.

"Harapan saya para pengusaha dan pelaku usaha di bawahnaungan Kadin Kabupaten Langkat dapat menjadi Muzakki dan menyalurkan zakatsedekah melalui baznas Kabupaten Langkat. Maka akan semakin luas pula cakupanpenyaluran bantuan baznas bagi masyarakat tidak hanya bertumpu kepada fakirmiskin dan anak yatim namun juga kepada pelaku usaha yang masih membutuhkanbantuan untuk bisa mandiri," ujarnya.

"Sehingga setelah mandiri dan berkembang diharapkanpelaku usaha tersebut akan bergabung dengan Kadin Kabupaten Langkat,"sambungnya.

Kontributor: Junaidi

Editor
: M Iqbal

Tag:

Berita Terkait

News

Hadiri Khitan Massal, Walikota Apresiasi Baznas Kota Binjai

News

Tuntut Kades Dicopot, Ratusan Warga Serapuh Demo Kantor Bupati Langkat

News

Kecewa Kinerja Faisal, IMM Sumut Geruduk Kantor Bupati Langkat

News

Sidang Kasus TPPO Mantan Bupati Langkat Terbit Rencana, 4 Kali Tunda

News

Faisal Hasrimy Tepung Tawari Calon Jamaah Haji Kabupaten Langkat

News

Gegara Sakit Pinggang, Sidang Mantan Bupati Langkat Terbit Rencana Ditunda