Anggota DPR RI Lestari Moerdijat Ingatkan Pemerintah Perkuat SDM Pariwisata

Guruh Ismoyo - Selasa, 09 Januari 2024 18:30 WIB
Teks foto : Anggota DPR RI Komisi X, Lestari Moerdijat. (Dok dpr.go.id)

Kitakini.news -Mewujudkanpariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, Anggota DPR RI Komisi X, LestariMoerdijat meminta pemerintah menguatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Sebabhal itu berkaitan dengan dukungan terhadap konsistensi peningkatan jumlahwisatawan.

LaporanBadan Pusat Statistik (BPS) katanya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara(wisman) ke Indonesia pada Januari–November 2023 sebanyak 10,41 juta orang. meningkat110,86 persen jika dibandingkan dengan tahun 2022. Meski mengalami lonjakan signifikandibandingkan 2022, namun hingga November 2023 masih lebih rendah jikadibandingkan dengan 2019 yang mampu mencapai 14,7 juta kunjungan.

"Trenkunjungan wisata pada tahun lalu yang membaik harus dipertahankan dengankonsisten meningkatkan kualitas pariwisata yang ditawarkan," tutur Lestariyang dikutip olehParlementaria, Senin (8/1/2024).

Lebihlanjut, politisi Fraksi Partai NasDem itu mengingatkan stakeholder terkaituntuk mengikuti perencanaan pengembangan pariwisata yang telah ditetapkandengan sebaik-baiknya. Memperhatikan potensi dan tantangan, mewujudkanpariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan bukan lagi sebuah pilihan, namunadalah sebuah keniscayaan.

Indonesiadengan segala keragaman kekayaan yang dimiliki, Lestari berharap sektorPariwisata Indonesia tetap hidup dengan nilai bangsa yang diyakini sekaligusmampu mensejahterakan masyarakat lokal setempat sehingga lebih mandiri danberdaya.

Sebagaiinformasi, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan EkonomiKreatif (Kemenparekraf) akan menyiapkan dana pariwisata (Indonesia TourismFund) sebesar Rp7 triliun. Dana tersebut rencananya akan digunakan untukpenyelenggaraan agenda pariwisata dan promosi pariwisata dalam rangkameningkatkan citra Indonesia di mata dunia seperti World Expo, Piala Dunia, dankonser musik besar.

Alokasiawal dana pariwisata ditargetkan mencapai Rp2 triliun. Dana ini akan dikelolaoleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), sehingga dinilai tidak perlumembentuk lembaga baru. Walaupun begitu, Pemerintah Indonesia melaluiMenparekraf Sandiaga Uno menyampaikan akan tetap berupaya melibatkan parapemangku kepentingan di sektor pariwisata.

Editor
: M Iqbal

Tag:

Berita Terkait

News

Komeng dan Jihan Fahira Resmi Menjadi Anggota DPD RI Periode 2024-2029

News

Megawati Pertanyakan Sikap DPR dan Pemerintah Yang Terlihat Melawan Putusan MK

News

Bahas Laporan APBN 2023, Komisi III DPR-RI Minta Penjelasan BNN dan Sekjen MPR-RI

News

Viral! Jaksa Kejari Tapsel Ancam Laporkan Kajatisu ke Komnas HAM dan DPR RI

News

Aria Bima: Pemberian Sembako dan Politik Uang Pengingkaran Terhadap Aspek Pilihan Demokrasi

News

Sofyan Tan : Pariwisata dan Ekraf Bagai Daun dan Lepat