Sekda Amril Buka Rapat Pleno Program Kerja TPKAD Langkat

Junaidi - Jumat, 02 Februari 2024 12:03 WIB
Teks foto : Sekda Langkat bersama peserta rapat pleno penyusunan program kerja TPKAD Kabupaten Langkat. (Junaidi)

Kitakini.news -PltBupati Langkat diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat H. Amril Nasutionmenghadiri Rapat Pleno penyusunan program kerja Tim Percepatan Akses KeuanganDaerah (TPAKD) Kabupaten Langkat tahun 2024 bertempat di Ruang Pola KantorBupati Langkat, Kamis (1/2/2024).

RapatPleno menyusun Rencana Program Kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah(TPAKD) Kabupaten Langkat 2024 sejalan dengan terbentuknya tim percepatan akseskeuangan daerah Kabupaten Langkat Nomor 900.05-62/K/2017 tanggal 03 Agustus2017 diharapkan dapat menetapkan usulan program kerja TPAKD guna meningkatkanpertumbuhan ekonomi daerah.

KabagPerekonomian dan SDA Indri Nugraheni, menyampaikan bahwa Tim Percepatan AksesKeuangan Daerah bertujuan mendorong ketersediaan akses keuangan masyarakat,Membuka akses keuangan lebih produktif lebih luas dan sebagainya.

"Secarakhusus mengevaluasi dan mengidentifikasi permasalah terkait keuangan di daerah,Memberi masukan kepada pemerintah daerah dan merumuskan rekomendasi kebijakanterkait program akses keuangan daerah," jelasnya.

IndriNugraheni, Akt juga menyampaikan tujuan rapat pleno penyusunan program kerjaini untuk membahas usulan program kerja yang dilaksanakan oleh TPAKD dandirumuskan dan ditetapkan agar lebih berjalan sesuai timeline yang dibuat.

Analisissenior Deputi Direktur Pengawasan Perilaku, edukasi dan perlindungan konsumenReza Leonhard Osenta Mayda dalam penjelasannya menekankan bawah TPAKD wadahuntuk memastikan akses keuangan di daerah dapat dipercepat.

"Hasilsurvei 3 tahun OJK secara nasional indeks inklusi mencapai 80an % artinya dari10 orang tidak sampai 9 orang menggunakan jasa keuangan. Ini sudah menunjukkantrend baik untuk mempercepat akses keuangan di daerah," ucapnya.

"TPAKDKabupaten Langkat pada 2020 mendapat juara 1 Kabupaten se-IndonesiadenganProgram utama asuransi usaha ternak sapi dan asuransi usaha tanam padi. Inilahyangingin kami bangkitkan kembali kolaborasi antar pemerintah daerahdengan jasa keuangan," ucapnya.

"Itudapat tercapai salah satunya lewat rapat pleno yang terus diawasi tiap 3 bulansekali agar program kerja tersebut berjalan dengan baik," tambahnya.

Plt.Bupati Langkat diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat H Amril Nasution,dalam pidato tertulisnya menyampaikan tentang Penyusunan program kerja harusmengacu pada pembentukan TPAKD.

"Penyusunanprogram kerja harus mengacu pada pembentukan TPAKD yaitu penyediaan informasi,akses pembiayaan mikro, produk dan layanan jasa keuangan, trobosan pendanaanpembangunan dan pembiayaan produktif usaha," ucapnya.

Programkerja TPAKD katanya, dapat mendorong pembangunan infrastruktur dan kelembagaandalam percepatan akses keuangan dengan cara penambahan jumlah agen inklusikeuangan setiap desa, layanan keuangan mikro dan asuransi mikro, perluasanprogram jaring dan peningkatan jumlah lembaga keuangan mikro.

"Harapannyapercepatan akses keuangan daerah benar benar mampu membuat strategi dalammemberikan percepatan bagi kesejahteraan masyarakat agar pelaksanaan TPAKD berjalanefektif dan Semoga tahun ini kita bisa mendapatkan kembali mendapatkan award untukTPAKD terbaik se Indonesia," harapnya.

Editor
: M Iqbal

Tag:

Berita Terkait

News

Jelang Puasa, TPID Langkat Sidak Pasar dan Tinjau Gudang Bulog

News

Pemkab Langkat & Bank Mandiri Teken MoU Penyelenggaraan Pelayanan Jasa Perbankan UMKM

News

KKKS EMP Gebang Datangi Pemkab Langkat Bahas Rencana Pengeboran Sumur Gas

News

Bahas Perlindungan dan Pelestarian Budaya, Bapemperda DPRDSU Temui Pemkab Langkat dan Perwakilan Etnis

News

DSML Sambut Baik Pemkab dan DPRD Langkat Sahkan Perda Tentang Pemajuan Kebudayaan

News

Pertama di Langkat Desa Ara Condong Miliki Aplikasi Simendai