Bulutangkis

Kejuaraan Provinsi PBSI Sumut 2023 Berakhir, Atlet Pengkot PBSI Medan Juara Umum

Medan Borong 16 Medali Emas dari 19 Medali yang Diperebutkan
Sukri - Minggu, 03 Desember 2023 19:31 WIB
Istimewa
Suasana Kejurprov PBSI Sumut.
Kitakini.news -Kejuaraan Bulutangkis Piala Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumut 2023 berlangsung di GOR PBSI Sumut, Percut Sei Tuan, dari tanggal 27 November hingga 2 Desember 2023 berakhir.

Pada kejuaraan itu, atlet Pengkot (Pengurus Kota) PBSI Medan keluar sebagai juara umum usai tampil dominan dengan memboyong 16 emas dari 19 emas yang diperebutkan.

Secara keseluruhan, Pengkot PBSI Medan yang dinahkodai Ade Jona Prasetyo sebagai Ketua Umum (Ketum) itu di Kejurprov tahun ini sukses memboyong 16 emas, 13 perak, dan 26 perunggu.

Piala bergilir Kejurprov PBSI Sumut itu diserahkan langsung oleh Ketum Pengprov PBSI Sumut Suripno Ngadimin, yang diterima langsung Ade Jona yang diwakili Sekrrtaris Umum (Sekum) Pengkot PBSI Medan, Aswindy Fachrizal.

Didampingi Wakil Ketum Pengkot PBSI Medan Teguh Putra Lubis, Kabid Dana Pengkot PBSI Medan Sujono Ahan, Aswindy mengucapkan terima kasih atas perjuangan para atletnya yang tak pernah lelah berjuang untuk mengharumkan nama PBSI Medan di ajang ini.

"Alhamdulillah, kita kembali juara umum Kejurprov dan ini yang ketiga secara berturut-turut. Hasil ini tak lepas berkat kerja keras kita semua, terutama para atlet yang telah berjuang sejak Kejurkot (PBSI Medan) yang lalu," ucap Aswindy saat diwawancarai awak media usai upacara penutupan.

Lebih lanjut, Aswindy menyampaikan pesan dari Ketum Ade Jona Prasetyo, agar para juara untuk tidak cepat berpuas diri dengan prestasi yang diraih tersebut. Karena pastinya tantangan akan semakin berat di tahun-tahun berikutnya.

Sebelumnya Ketum Ade Jona meminta maaf belum bisa hadir ditengah-tengah kita saat ini karena kesibukannya. Bukan artinya beliau tak perduli, malah di tengah-tengah kesibukannya beliau masih sempat terus menanya perkembangan anak-anak," ungkap Aswindy.

"Tapi beliau tadi sempat berpesan bagi yang juara agar jangan cepat berpuas diri karena ke depan pasti akan lebih sulit untuk mempertahankan gelar dibandingkan merebutnya. Apalagi ada sebagian yang akan naik kelas (kategori) sehingga pastinya tantangannya akan lebih sulit," sambungnya.

Pertandingan final menampilkan hasil pertandingan yang menegangkan di berbagai kategori. Memulai laga pembuka di Final, sektor Pra Usia Dini Putra (PUDPA) Haruko berhasil mengalahkan Alvaro Arsenio Young 21-15, 21-15. Kemudian Nomor Tunggal Anak Putra (TAPA) Rafka Tratama Sanjaya mengalahkan Ryo Lee melalui rubber game 21-10, 12-21 dan 20-22.

Di Sektor Tunggal Remaja Putra (TRA) Farhan Abrar mengalahkan Danilsyah Putra Herlian 22-24, 21-15, 21-17. Dilanjutkan Pra Usia Dini Putri (PUDPI) Adeeva Nuha Zahira Hidayat mengalahkan Anggi Sesya Pratama Sitorus dengan catatan 21-16, 21-18.

Sektor Tunggal Pemula Putri (TPI) Putri Ananda Susanti berhasil menang dua gim langsung atas Sabrina Balqis Anwar dengan skor 21-11, 21-7. Di laga lain pada sektor Taruna Tunggal Putri (TTI) Silvi Kartika Hasana menundukkan Vidya Angelina 21-10, 21-12.

Sektor Ganda Anak Putra (GAPA) Rafka/Lee berhasil menyudahi permainan dengan kemenangan melalui rubbergame Aqila/Subhan 21-16, 17-21, 21-14. Ganda Anak Putri (GAPI) Osvaldo/Hanifa juga mengalahkan Fadila/Jesselyn 21-12, 23-21.

Ganda Remaja Putri (GRI) Syifa/Vivian mengalahkan Kayla/Ukhti 21-14, 23-21. Ganda Taruna Putra (GTA) Muhlis/Mozan menang atas Alvin/Tegar 21-16, 21-15. Begitupun di sektor Usia Dini Putra (UDPA) Nawaf Al Ashar berhasil menuntaskan permainan dan menang atas Zidan Arkana 22-20, 21-12.

Sektor Tunggal Putra (TPA) Rizki Al Mubarakh mengalahkan Fachry Aldiano Sam Hutabarat 21-10, 21-13. SektorbTaruna Tunggal Putri (TTA) Jeremiah Mark menang susah payah atas Owen Felixciano melalui rubbergame.

Nomor Tunggal Anak Putri (TAPI) Hanifa Nuradi mengalahkan Jesselyn Aurelia 21-14, 21-10. Sektor Usia Dini Putri (UDPI) Alya Yusra Vina menjadi juara setelah mengalahkan Amisha Lubis 21-16, 21-14. Sementara di sektor Tunggal Remaja Putri (TRI) Kayla Zaskia harus mengakui keunggulan Ukhti Br Manurung 16-21, 20-22.

Terakhir, pada Nomor Ganda Pemula Putra (GPA) Fakhriza/Mubarakh berhasil mengalahkan Habib/Hutabarat dengan skor 16-21, 15-2. Kemudian Nomor Ganda Pemula Putri (GPI) Abiyah/Manurung mengalahkan Alvira/Nadia melalui rubbergame dan disusul Nomor Ganda Remaja Putra (GRA) Danilsyah/Fico mengalahkan Galang/Zaidan 21-16, 21-58.

Para pemenang dinyatakan sebagai perwakilan Sumut untuk berkompetisi di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI yang akan digelar di Jakarta pada tanggal 18-23 Desember 2023.

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

Olahraga

Rony Agustinus Berperan Penting dalam Kesuksesan An Se Young Raih Emas di Olimpiade Paris 2024

Olahraga

Ini Rangkaian Pwrjalanan Gregoria Mariska untuk dapat Medali Perunggu Olimpiade 2024

Olahraga

Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Saat Bertanding di Jogjakarta

Olahraga

Kejuaraan Bulutangkis 'Road to PON' Piala Gubernur Sumut Sukses Diselenggarakan

Olahraga

Kadispora Sumut: Kejuaraan Bulutangkis Piala Gubernur Sumut Vital sebagai Uji Kesiapan Venue Menuju PON 2024

Olahraga

PB PON Menyelenggarakan 3 Event Olahraga Ajang Mensosialisasikan PON XXI 2024 Aceh-Sumut