Skill Komunikasi Bagi Perilaku Karyawan di Dalam Organisasi dan Bagi Kinerja Perusahaan di Era digital, Vuca, dan Disrupsi

Fitri - Kamis, 14 Desember 2023 16:15 WIB
Istimewa
Meirizka Miranda & Dian Natari, mahasiswi Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Kitakini.news -Komunikasi yang baik memungkinkan tercapainya informasiyang benar dan tepat antara anggota tim, manager, pimpinan dan direktur dalamsebuah organisasi.

MenurutHasanah & Malik (2020), kemampuan komunikasi merupakan kemampuan untukmenyampaikan pemikiran, pendapat, serta perintah secara jelas dan persuasifbaik dalam bentuk lisan ataupun tulisan. Dengan komunikasi yang baik perilaku antar karyawan pundapat di arahkan seperti: menemukan ide yang cemerlang bersama, mampuberkolaborasi dengan efektif.

Jika karyawan berkomunikasi dengan baik selanjutnya akantercipta diskusi yang baik sehingga pengambilan keputusan akan efektif danefisien baik melalui diskusi maupun pertimbangan antar pendapat.

Menurut Prof. Dr. Elisabeth Siahaan, SE, M.EC adabeberapa fungsi dalam komunikasi yaitu yang pertama komunikasi dapat membuatperilaku seseorang dapat dikendalikan, komunikasi dapat memotivasi dan sebagaipernyataan emosional yang dimana menyampaikan komunikasi bisa secara lisan, nonlisan dan juga non-verbal.

Cara membangun skill komunikasi di era disrupsi, sesuaidengan namanya disrupsiteknologi digital adalah era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaransecara fundamental karena hadirnya teknologi digital, mengubah sistem yangterjadi di Indonesia maupun global.

Perkembangan teknologi digital ini mampu menggantikanpekerjaan manusia. Pertama karyawan harus tahu apa tujuan visi misi perusahaannya,selanjutnya perkuat kepercayaan diri, seperti tidak malu mengungkapkan ide-ideyang ada, selanjutnya menghargai, mendengarkan, memperhatikan, dan menanggapiapa yang dibicarakan lawan bicara dengan baik, dan juga menjadi pribadi yangjujur, dengan komunikasi yang jujur akan menghasilkan kepercayaan diri danmampu menanggapi saran dan kritikan darimanapun

Dampak komunikasi bagi perilaku karyawan tergantung baikburuknya komunikasi jika yang terjalin adalah komunikasi yang baik, maka yangtimbul adalah ide yang menarik, inovasi yang berkembang, pengambilan keputusanyang tepat, jika komunikasi buruk yang terjalin maka dalam organisasi tersebutbanyak kesalah pahaman yang terjadi, akan adanya ketegangan antar pekerja diorganisasi tersebut. Karyawan dengan keterampilan komunikasi yang baik jugalebih mampu menyelesaikan konflik secara konstruktif.

Dengan komunikasi yang baik penyelesaian masalah pun akandidapatkan, jika komunikasi dalam organisasi buruk sulit untuk mencari jalankeluar saat masalah datang. Keefektifan tim dan Kolaborasi Tim dalam berkomunikasi dengan baik dan efektifantar anggota tim dapat meningkatkan kerja sama, saling pengertian dankepercayaan di antara mereka.

Manajer yang dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektifmampu memberikan instruksi yang jelas, memotivasi karyawan dan membangunhubungan yang baik dengan mereka. Konflik dan penyelesaian masalah Komunikasiyang buruk dapat menyebabkan konflik di tempat kerja.

Dengan komunikasi yang efektif, dampak positifnya dapatdirasakan di seluruh perusahaan dengan perilaku karyawan yang seperti ini akanmenghadirkan kinerja perusahaan yang efektif dan efisien.

Mengapa skill komunikasi penting dan dibutuhkan di eradigital vuca dan disrupsi?

Karena dengan skill komunikasi yang baik akanmenghadirkan kerjasama tim yang kompak dan terarah, dengan komunikasi yangterbuka di era disrupsi ini akan membuat ide ide dan inovasi masing masingkaryawan tersalurkan.

Strategi komunikasi yang efektif dan efisien mampumendorong loyalitas konsumen dan klien sebuah organisasi. Skill komunikasiyangbaik, membuat perusahaan memahami kebutuhan dan keinginan para konsumen.

Dengan kemampuan tersebut, perusahaan mampu melengkapikebutuhan konsumennya. Di era digital ini juga dibutuhkan verbal communicationseperti kata-kata yang kita pilih dapat membuat perbedaan besar kepada oranglain dalam memahami kita.

Misalnya, berkomunikasi dengan anak kecil, atau denganseseorang yang lebih tua dibanding kita. Pasti akan berbeda ketika berbicaradengan teman perlu menggunakan bahasa sederhana, kalimat pendek. Juga pastisangat berbeda ketika berbicara dengan seorang teman lama yang telah Kita kenalselama bertahun-tahun.

Selanjutnya ada Non-Verbal Communication yaitu Komunikasilisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantaraalat seperti telepon, handphone, video call, dan lain sebagainya karena adanyajarak dengan si pembicara dengan lawan bicara.

Keterampilan berkomunikasi cakupannya lebih dari sekadarkomunikasi verbal dan non-verbal, bahkan dalam berbagai situasi. Misalnya, Presentation Skills (kemampuanpresentasi), writing skill (kemampuan menulis), dan personal skill.Presentation Skills (kemampuan presentasi).

Meskipun,banyak dari kita, keterampilan presentasi jarang digunakan, mungkin akan adasaat-saat dalam hidup ketika kita perlu menyajikan informasi kepada sekelompokorang, baik dalam formal atau informal. Perkembangan teknologi digital ini mampu menggantikanpekerjaan manusia.

Pertama karyawan harus tahu apa tujuan visi misiperusahaannya, selanjutnya perkuat kepercayaan diri, seperti tidak malumengungkapkanide-ide yang ada,selanjutnya menghargai, mendengarkan, memperhatikan, dan menanggapi apa yangdibicarakan lawan bicara dengan baik dan juga menjadi pribadi yang jujur,dengan komunikasi yang jujur akan menghasilkan kepercayaan diri dan mampumenanggapi saran dan kritikan darimanapun.

Selain itu cara membangun skill komunikasi adalah denganmendengarkan lawan bicara dengan baik,memahami audiens, perkecil melakukan interupsi, memperluas jaringan, denganbegitu kita memiliki banyak ilmu untuk berbicara dengan banyak orang, memintafeedback dari orang lain, berbicara dengan kecepatan yang tepat sehingga kitatidak gugup dan terbata-bata.

Oleh: Meirizka Miranda & DianNatari

-Penulis adalah mahasiswi Magister Ilmu Manajemen FakultasEkonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

Opini

PKS Kota Medan Pilih Jalan Sendiri, Usung Paslon H Hidayatullah - H Yasir Ridho

Opini

Enam Keunikan Dusun di Desa Kolam Meriahkan HUT RI

Opini

Ada 3 Selebriti Hadir di Medan Digifestival 2024

Opini

Morrah Buffalo Cheese: Keju Organik Pertama dari Susu Kerbau Khas Indonesia

Opini

Asisten I Setdako Binjai Hadiri Kegiatan Susur Sungai Bersama MW KAHMI

Opini

Faisal Hasrimy Resmikan Boat Sekolah dari Yagasu