Saring sebelum Sharing: Ciptakan Pemilu Damai

Siti Amelia - Selasa, 13 Februari 2024 20:00 WIB
humas meutya hafid
Meutya Viada Hafid.

Kitakini.news -Langkah sederhana seperti menyaring informasisebelum menyebarkannya dapat menjadi langkah awal yang efektif dalammenciptakan pemilu yang damai dan bermartabat.

"Denganmemastikan keakuratan dan kebenaran informasi sebelum disebarkan, kita dapatmencegah penyebaran hoaks dan konflik yang tidak perlu," ucap Meutya ViadaHafid selaku Ketua Komisi I DPR RI dalam seminar Literasi Digital bertajuk "Saringsebelum Sharing: Ciptakan Pemilu Damai", Selasa (13/2/2024).

Menurutnya, salahsatu contoh penerapan saring sebelum sharing dalam pemilu adalah dengan caramemeriksa keaslian informasi atau berita yang diterima sebelum membagikannya dimedia sosial.

"Halini penting mengingat maraknya berita bohong atau hoaks yang dapat memicukegaduhan dalam masyarakat. Dengan demikian, kita dapat mencegah penyebaraninformasi yang tidak benar yang dapat merusak suasana pemilu," sambungnya.

Menyetujuipendapat Meutya Hafid, Nurleli selaku Praktisi Media juga menambahkan bahwa, prosessaring sebelum sharing juga dapat dilakukan dengan cara mengevaluasi sikap danperilaku kita dalam menyikapi perbedaan pendapat politik.

"Dalamkonteks pemilu, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang memiliki pilihanpolitik yang berbeda-beda. Namun, hal ini tidak boleh menjadi alasan untuksaling memusuhi atau menyebarkan kebencian kepada orang lain," ucapnya.

"Denganmelakukan proses saring sebelum sharing dalam hal ini, kita dapat membangunsikap toleransi, menghargai perbedaan pendapat, dan memperkuat persatuan dalammasyarakat," imbuhnya.

Nofri Affandi selaku jurnalis TV ONE dan praktisimedia juga mengatakan,di tengah polarisasi politik dan ketegangan yang terjadi di banyak negara,penting bagi kita untuk memahami bahwa proses saring sebelum sharing merupakanlangkah awal yang sangat penting dalam menciptakan pemilu yang damai.

"Denganmenerapkan prinsip ini, kita dapat mencegah terjadinya konflik politik,pembagian informasi yang salah, serta memperkuat persatuan dan kesatuan dalammasyarakat," kata dia.

Sebagaiindividu, kita memiliki peran besar dalam menciptakan lingkungan yang kondusifdalam setiap pemilu. Dengan melakukan proses saring sebelum sharing, kita dapatmemastikan bahwa informasi yang disebarkan adalah benar dan tidak provokatif.

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

Politik

Polres Langkat Gelar Rakor Lintas Sektoral dan Deklarasi Pemilu Damai

Politik

Meutya: DPR Tak Pernah Mengecilkan Peran Pers

Politik

UMKM Perempuan Harus Manfaatkan Media Digital

Politik

Meutya Hafid:Hindari Golput, Suara Anda Berarti Wujudkan Pemilu Berkualitas

Politik

Polres Binjai Gelar Doa Bersama Pemilu Damai 2024

Politik

Polres dan KPU Kampar Riau Ajak Gerakan Milenial Anti Golput