Bupati Nias Yaatulo Gulo Target Tuntaskan Pembangunan Kota Pemerintahan dan Pertanian di Periode Kedua

Heru - Selasa, 11 Juni 2024 18:31 WIB
(Dok. DPD Partai Hanura Sumut)
Bupati Kabupaten Nias, Yaatulo Gulo.

Kitakini.news - Meski target Rencana PembangunanJangka Menengah Daerah (RPJMD) sudah tercapai diatas 90 persen selama 3 tahun,namun untuk menjadi Kabupaten Nias sebagai daerah yang maju, tertata danterlepas dari status daerah tertinggal, maka banyak hal yang harus dilakukankedepannya, pertama pembangunan infrastruktur jalan yang bisa menghubungkanseluruh desa dan mengembangkan sektor pertanian.

"Sampai saat ini tinggal 17 desalagi yang kondisi jalannya belum bisa dilalui kendaraan roda 4. Bila nantimasyarakat memberikan kembali kepercayaannya kepada saya untuk memimpinKabupaten Nias, maka pembangunan jalan di 17 desa ini akan saya lanjutnya,"ujar Bupati Kabupaten Nias, Yaatulo Gulo kepada wartawan usai menjalani Fit and Proper Test bakal calon(Bacalon) kepala daerah di Kantor DPD Partai Hanura Sumatera Utara, Jalan SeiBesitang Medan, Selasa (11/6/2024).

Hal yang kedua harus dilakukanyakni, lanjut Yaatulo, pembangunan kawasan ibukota kabupaten di Kecamatan Gidoyang memang harus dilanjutkan sampai 100 persen, termasuk Kantor Bupati Niasyang baru saja selesai dibangun dan Juli 2023 lalu sudah beroperasi kegiatanpemerintahan.

"Peresmiannya pada tahun laludihadiri Menteri Hukum dan Ham, Bapak Yasonna Laoli dan perwakilan Pemerintah ProvinsiSumut (Pemprovsu). Sekarang tinggal akses jalan dari bawah menuju kantor yangmasih dalam pengerjaan. Tapi kita sudah buka 2 jalur akses jalan menuju kantor,"paparnya.

Kemudian, tambah Yaatulo, juga telahdibangun kawasan perkantoran yang ramah pelayanan di daerah Hiliweto. Hal inidilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik daripemerintah.

"Dengan ditatanya wilayahperkantoran ini, maka akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkanpelayanan yang ramah dan cepat dan ini yang kita harapkan. Sehingga masyarakatbenar-benar merasakan hadirnya pemerintah dalam memberikan pelayanan,"tandasnya.

Dengan membangun kota baru sebagaikota yang tertata di Kabupaten Nias, sambung Yaatulo, maka tidak menutupkemungkinan kedepan Pulau Nias identik dengan Gido. Karena secara geografisdaerah ini berdekatan dengan Bandara Binaka dan pelabuhan.

"Nantinya seluruh OPD dan kegiatanpemerintahan harus dilakukan di Kecamatan Gido. Dalam 3 tahun terakhir sudah 16OPD yang kita pindahkan dan memberikan dampak positif yang siginifikan padapertumbuhan ekonomi di Gido, seperti berdirinya usaha kecil menengah (UKM),perumahan penduduk dan lainnya," beber Yaatulo.

Sementara itu saat disinggungmengenai kemiskinan, Bupati Nias ini mengatakan bahwa dirinya sedang menaruhperhatian dan upaya dalam mengentaskan kemiskinan yang saat ini sudah mengalamipenurunan sekitar 1,7 persen.

"Kemiskinan sebelumnya berkisat 16,8persen, selama fokus penanganan sudah turun mencapai 1,7 persen. Dan sekarangtingkat kemiskinan berkisar 15 persen," imbuhnya.

Terkait dengan pariwisata, Yaatulomenjelaskan bahwa pariwisata merupakan industri jasa yang harus didukung dengankondisi infrastruktur yang baik. sehingga akan menciptakan daerah tujuan wisatayang benar-benar dikunjungi wisatawan.

"Bagi saya sederhana, pariwisata ituindah tapi kalau akses jalannya juga indah. Kemudian stategi bersaing, sepertiapa kita harus mendesain pulau ini berdasarkan kompetensinya. Bagi saya, KabupatenNias akan kalah bersaing dengan Nias Selatan yang memiliki panorama laut yangindah dan ratusan pulau," terangnya.

Menurut Yaatulo, kompetensi Niasadalah pertanian yang dinilai sangat bersinergi dengan sektor pariwisata. "Sayamau Kabupaten Nias itu menjadi lumbung pangan yang mensupport sektor pariwisata," pungkasnya. (**)

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

Politik

Pilkada Kota Medan, Tokoh Masyarakat Medan Tembung All Out Menangkan El Adrian Shah

Politik

Festival Bunga dan Buah di Karo Jadi Momen Kebanggaan Budaya di Kancah Internasional

Politik

Pilkada 2024 di Kota Medan, Muhri: PSI Masih Proses Seleksi

Politik

Pemberhentian Ketua KPU-RI Tak Akan Ganggu Pelaksanaan Pilkada 2024

Politik

Pilkada 2024, PD ISARAH Medan Berharap Rahudman Dapat Dukungan dari PDI Perjuangan

Politik

DPRD Sumut Wanti-Wanti PB-PON XXI Tahun 2024 Agar Percepat Selesaikan Venue