Dihadapan Mahasiswa, Rahudman Harahap Paparkan Strategi Ciptakan Medan Bermartabat

Heru - Minggu, 30 Juni 2024 19:03 WIB
(Istimewa)
Bakal Calon Walikota Medan Rahudman Harahap memaparkan visi misi dihadapan Aliansi BEM se Kota Medan, Sabtu (29/6/2024).

Kitakini.news - Bakal calon (Baclaon) Walikota Medan pada Pilkadaserentak 2024, Drs H Rahudman Harahap MM, menghadiri uji publik bakal calonWalikota Medan yang diadakan oleh Aliansi BEM se-Kota Medan.

Acara ini diikuti puluhan mahasiswa dari berbagaiperguruan tinggi di Kota Medan dan berlangsung di TKP Corner, Jalan Seroja,Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Sabtu (29/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Rahudman mengemukakanberbagai tantangan yang akan dihadapi Kota Medan di masa mendatang.

Menurutnya, diperlukan seorang pemimpin yang tegasnamun mengayomi untuk menata kembali Kota Medan menjadi kota yang bermartabat,aman, nyaman, dan kondusif.

Mantan Walikota Medan periode 2010-2015 inimenyampaikan sejumlah langkah konkret yang harus diambil untuk mengatasiberbagai persoalan di Kota Medan. Persoalan tersebut mencakup kesehatan,pendidikan, Stunting, pengangguran,banjir, kemacetan, dan keamanan, terutama masalah begal yang meresahkanmasyarakat.

Rahudman menekankan pentingnya kesehatan yangdimulai dari lingkungan yang bersih. Selama masa jabatannya sebagai Walikota,ia menginisiasi pengangkutan sampah dari rumah-rumah warga dua kali sehari untukmenjaga kebersihan kota.

Ia juga mencatat bahwa dirinya adalah Walikotapertama yang meluncurkan program Medan Sehat sebelum adanya program BPJS daripemerintah, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan warga Kota Medan.

Dalam upayanya mengatasi pengangguran, Rahudmanmenyoroti pentingnya investasi dan perkembangan dunia usaha yang harus didukungoleh keamanan dan infrastruktur yang baik.

Rahudman mendorong generasi muda untuk tidak hanyaberfokus mencari pekerjaan di sektor formal tetapi juga mengembangkan jiwakewirausahaan. Jika terpilih, Rahudman berencana bekerjasama dengan perguruantinggi dan lembaga swasta untuk mengadakan pelatihan kewirausahaan bagigenerasi muda.

Rahudman juga memaparkan langkah-langkah untukmengatasi masalah banjir dan kemacetan di Kota Medan. Selain itu, iaberkomitmen untuk mengatasi masalah begal dengan melibatkan masyarakat melaluiposkamling, koordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI, serta menghadirkanberbagai kegiatan kepemudaan.

Mengenai Stunting,Rahudman menyatakan bahwa dengan APBD Kota Medan yang mencapai Rp8 triliun,seharusnya tidak ada lagi anak yang mengalami stunting di kota ini.

Ia juga menegaskan pentingnya alokasi danapendidikan yang efektif agar semua anak di Kota Medan bisa sekolah danmendapatkan beasiswa.

Dengan slogan "Ini Baru Medan," Rahudmanmemiliki visi untuk menjadikan Kota Medan lebih baik dari hari ini. Iamenekankan bahwa pembangunan harus dilakukan sesuai kebutuhan masyarakat danbukan hanya kebutuhan pengusaha.

Rahudman berkomitmen untuk menghadirkankepemimpinan yang tegas namun mengayomi, serta menghapus praktik "orangdalam" agar penerima beasiswa adalah mereka yang benar-benar berhak.

Rahudman mengingatkan bahwa selama kepemimpinannya,Kota Medan berhasil mendapatkan penghargaan Adipura hanya dalam waktu satutahun, mengubah citra kota dari yang terjorok menjadi lebih baik.

Ia juga menyoroti pentingnya pemberian bantuankepada UMKM dan beasiswa bagi siswa serta mahasiswa. Mengenai penggusuran,Rahudman menegaskan bahwa pedagang tidak boleh digusur tanpa solusi karenamereka sedang mencari nafkah.

Rahudman menegaskan bahwa ia maju sebagai calonWalikota Medan karena tidak memiliki masalah hukum, dan merupakan satu-satunyakepala daerah yang dinyatakan bebas murni berdasarkan putusan PK MK.

Dengan berbagai langkah strategis yang disampaikan,Rahudman Harahap berkomitmen untuk membawa Kota Medan menuju masa depan yanglebih bermartabat, aman, dan nyaman bagi seluruh warganya.

Informasi yang diperoleh dari panitia acara, ujipublik bakal calon Walikota Medan selain dihadiri oleh Rahudman Harahap untukmemaparkan visi misinya, juga dihadiri oleh Prof Ridha Darmajaya

"Kita undang ada enam bakal calon Walikota Medan yang munculke publik untuk hadir di acara ini. Namun hingga acara berlangsung dan selesai,yang hadir hanya pak Rahudman Harahap dan Prof Ridha," ujar Gibran, selakuketua panitia. (**)

Editor
: Redaksi

Tag:

Berita Terkait

Politik

Pilkada 2024 di Kota Medan, Muhri: PSI Masih Proses Seleksi

Politik

Pemberhentian Ketua KPU-RI Tak Akan Ganggu Pelaksanaan Pilkada 2024

Politik

Pilkada 2024, PD ISARAH Medan Berharap Rahudman Dapat Dukungan dari PDI Perjuangan

Politik

Sempat Viral Bawa Mayat Korban Naik Becak, Rahmad Banurea Dituntut 15 Tahun Penjara

Politik

Suryani Paskah Naiborhu Silahturahmi dengan El Adrian Shah Bahas Pilkada Medan

Politik

Bacalon Wakil Walikota Rudy Hermanto Ajak 5 Partai Non Seat Bangun Medan