Siaga Pilkada 2024, Polres Padangsidimpuan Gelar Simulasi Pengamanan

Efendi Jambak - Senin, 02 September 2024 18:56 WIB
(Kitakini.news/Effendi Jambak)
Polres Padangsidimpuan gelar simulasi pengamanan Pilkada serentak 2024 di Stadion HM Nurdin.

Kitakini.news -Menjelang PemilihanKepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Rabu (27/11/2024), PolresPadangsidimpuan, menggelar simulasi pengamanan perhelatan pesta demokrasi itudi Stadion HM Nurdin Padangsidimpuan, Senin (2/9/2024).

Terlihat ratusan Personeldari Polri, TNI beserta Brimob Datasemen C Sipirok Tapanuli Selatan PoldaSumatera Utara serta instansi terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran, SatpolPP dilibatkan dalam simulasi pengamanan Pilkada 2024 di Padang Sidimpuan.

Kegiatan diawali apelSimpamkota dipimpin oleh Kapolres Padangsidimpuan AKBP Wira Prayatna yang diwakilkanKabag ops AKP P. Butarbutar. Kemudian digelar pengecekan personel sertakendaraan taktis milik Polri dilanjutkan TeatricalFloor Game (TFG) disaksikan Forkopimda setempat

Dalam sambutannya, AKBPWira Prayatna melalui Kabagops AKP Pandapotan Butarbutar menuturkan kegiatanini bertujuan untuk memberi gambaran kepada masyarakat terkait pola pengamanandan kesiapan Polri khususnya Polres Padangsidimpuan di tempat-tempat vital yangmenjadi titik kumpul atau titik tujuan massa pada saat terjadi ketidakpuasanseperti Kantor KPU, kantor pemerintahan, hingga tempat kegiatanmasyarakat.

"Hal ini pentingdilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan seluruh komponen personel jika situasidan kondisi sangat membutuhkan," ujarnya.

AKP Pandapotanjugamengungkapkan, kegiatan Sispamkota ini tidak lain untuk meningkatkan kembalilangkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh personel Polri khususnyaanggota Polres Padangsidimpuan dalam rangka mengendalikan situasi yang dapatmengganggu Kamtibmas.

Selain itu, lanjut AKPPandapotan, pihaknya juga akan melibatkan 220 personel gabungan yangterdiri dari TNI/Polri, Linmas, dan Satpol PP.

Sementara itu dariamatan para awak media, petugas mempersiapkan dan melakukan pengamanan mulaidari pendisribusian kotak suara mulai dari PPK, TPS, penghitungan suara hinggake Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), setempat.

Simulasi tersebut jugamenggambarkan massa pendukung salah satu Paslon yang mencoba memprovokasihingga terjadi aksi Anarkis massa di kantor KPUD.

Aksi massa yangmencoba membakar Kantor KPUD berhasil dikendalikan dan dibubarkan petugas.Petugas berhasil membubarkan aksi tersebut denganmemukul mundur massaaksi.

Terakhir AKPPandapotan menyampaikan, personel gabungan telah dilatih untuk menghadapiberbagai situasi yang mungkin terjadi saat Pilkada 2024 di kota Padangsidimpuanseperti Pengamanan Pemilu sebelumnya.

Simulasi tersebut jugadigelar untuk memastikan kordinasi antar instansi dalam rangka pengaman Pilkadaberjalan dengan baik.

Sementara Pj WalikotaPadangsidimpuan diwakili Plt. Sekda Mhd Ary Juniadi DP Lubis menyampaikan dariacara simulasi pengamanan Pilkada serentak 2024 ini, dapat disimpulkan bahwaPolres Padangsidimpuan dibantu Brimob Datasemen C Sipirok Tapanuli Selatan PoldaSumut memiliki instrumen pengamanan yang lengkap sehingga bisa lebih optimisdalam menghadapi Pilkada tahun 2024 di kota Padangsidimpuan

"Selain itu sumber dayamanusia di kepolisian sudah demikian bagus dan dilengkapi dengan peralatan yangmemadai," ucap Junaidi.

Junadi juga mengimbau kepadaseluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga Harkamtibmas menghadapiPilkadaserentak 2024 di kota Padangsidimpuan dengan aman dan damaitanpa adaperpecahan ditengah tengah masyarakat. (**)

Editor
: Heru

Tag:

Berita Terkait

Politik

Cuaca Ekstrim Melanda Padangsidimpuan, Sejumlah Rumah Warga Alami Rusak Berat

Politik

Jelang Pilkada 2024, Polres Tapteng Gelar Apel Simulasi Sispam Kota

Politik

AKBP Wira Prayatna Pimpin Sertijab Kasat Narkoba

Politik

Pemko Medan Harap KPU Rekrut KPPS Berintegritas

Politik

Serap Aspirasi Masyarakat, Kapolres Padangsidimpuan Aktifkan Gerakan Subuh Keliling

Politik

Tim Gabungan TNI/Polri dan BNN di Binjai Hancurkan Barak Narkoba dan Angkut Puluhan Mesin Judi